Dramatis, Arsenal Berhasil Tahan Imbang Manchester City di Etihad

Berita

by redaksi

Dramatis, Arsenal Berhasil Tahan Imbang Manchester City di Etihad

Manchester City gagal menyalip Arsenal setelah hanya berbagi poin dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2. Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Etihad, Minggu (8/5) petang, gol City dicetak oleh Sergio Aguero pada menit kedelapan serta Kevin de Bruyne pada menit ke-51 . Sementara itu, gol Arsenal dicetak oleh Olivier Giroud pada menit ke-10 serta Alexis Sanchez pada menit ke-68.

Sejak peluit tanda dimulainya pertandingan berbunyi, City langsung mengambil inisiatif serangan. The Citizens lebih banyak mendapatkan penguasaan bola dan mengurung pertahanan Arsenal. City memusatkan serangan lewat kedua sisi.

Hingga menit keenam, City terhitung telah melepaskan enam umpan silang. Gol yang dinanti City pun terjadi pada menit kedelapan. Pergerakan Jesus Navas yang mengirimkan umpan, berhasil ditanduk Fernandinho. Bola pun diarahkan kepada Sergio Aguero di depan kotak penalti. Pergerakan Aguero tidak dapat ditahan bek Arsenal sehingga striker Argentina tersebut mampu melepaskan tembakan yang tak mampu ditahan kiper Arsenal, Petr Cech.

Gol Aguero memantik Arsenal untuk bermain lebih menyerang. Hasilnya, pada menit kesembilan, bola sundulan backpass Gael Clichy, melaju terlalu tajam dan hampir bergulir ke gawang sendiri. Arsenal pun mendapatkan tendangan sudut dari situasi tersebut.

Tertekan, bek-bek City seolah kebingungan untuk mengatisipasi skema tendangan sudut Arsenal. Bola sepakan Mohamed Elneny mampu diteruskan oleh sundulan keras Olivier Giroud yang tak terkawal. Skor pun berubah menjadi 1-1 hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Arsenal terlihat lebih keluar menyerang. Dimasukkannya Jack Wilshere pada pertengahan babak pertama menggantikan Danny Welbeck yang cedera, kian memperkuat lini tengah The Gunners.

Namun, pada menit ke-51, justru City yang menambah skor. Pergerakan individu Kevin De Bruyne gagal dihentikan para pemain Arsenal. Pemain berkewarganegaraan Belgia tersebut melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang Arsenal yang tak mampu ditahan Petr Cech.

Arsene Wenger kemudian memasukkan Theo Walcott untuk menambah energi di sisi kanan penyerangan Arsenal. Berulang kali Arsenal memeroleh peluang dari sisi tersebut. Sementara itu, gol penyama kedudukan justru berasal dari area tengah.

Berawal dari pergerakan Sanchez, bola dikirim ke Giroud yang dikawal ketat bek City. Dengan sekali sentuhan, Giroud memantulkan bola tepat ke depan kotak penalti. Sanchez yang tengah melakukan akselerasi tidak menyia-nyiakan peluang tersebut dan melepaskan tembakan keras yang membuat skor menjadi imbang 2-2 yang bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

Hasil seri ini berarti banyak buat Arsenal. Mereka berpeluang lolos ke Liga Champions musim besar, meski belum jelas apakah langsung lolos ke fase grup atau harus berjuang via babak play-off. Selain itu, gol yang dicetak Giroud sekaligus mengakhiri 881 menit dirinya tak mencetak gol.

Usai pertandingan, Arsene Wenger mengaku terkejut dengan apa yang ditampilkan Aaron Ramsey dan kolega. Wenger sebenarya berharap Arsenal bermain dengan lebih bersemangat. Namun, pressing city begitu kuat. “Kabar baiknya, kami mampu menyerap (pressing) itu dan kami menunjukkan karakter yang bagus hari ini,” tutur Wenger kepada Sky Sports.

“Manchester City hari ini memutuskan untuk memberi kado besar buat Pellegrini dalam laga kandang terakhirnya. Mereka tengah dalam puncak performa. Saat 1-1, tidak terlihat kami akan mencetak gol, tapi saat ketinggalan 1-2, kami terlihat lapar dan berbahaya lagi. Para pemain tak ingin kalah,” kata Wenger.

Sementara itu, Pellegrini tak bicara soal hal teknis. Menurutnya, kemenanganlah yang seharusnya mengantarkan mereka ke Liga Champions musim depan. Pasalnya, posisi City bisa saja disalip Manchester United yang hanya berselisih dua poin dan masih punya tabungan satu pertandingan. Peluang City untuk melaju ke Liga Champions musim lewat jalur menjadi juara Liga Champions musim ini pupus setelah dikandaskan Real Madrid pada babak semifinal beberapa hari lalu.

“Buat saya, ini adalah tiga tahun yang hebat dan tak terlupakan. Terima kasih kepada para penggemar. Saya tidak akan pernah melupakan kalian. Jangan berubah, karena tim ini membutuhkan kalian dan saya yakin musim depan kalian akan lebih baik lagi di semua kompetisi,” ucap Pellegrini.

fva

Komentar