Kans Besar Liverpool Memenangi Derby Merseyside ke-226

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Kans Besar Liverpool Memenangi Derby Merseyside ke-226

Pada Kamis (21/4) dini hari WIB, Stadion Anfield, Liverpool, akan menggelar derby Merseyside edisi ke-225 [ralat: 226]. Derby yang mempertemukan dua kesebelasan asal Liverpool; Liverpool dan Everton, ini selalu berlangsung sengit dengan rivalitas dua kesebelasan sekota yang sudah bertemu sejak 1894.

Meski kedua kesebelasan saat ini tertahan di papan tengah, tensi pertandingan pada laga ini diprediksi tetap tidak akan surut. Gengsi keduanya untuk tidak kalah pada derby jelas menjadi pertaruhannya.

Pertandingan kali ini merupakan pertandingan derby Merseyside pertama kalinya di Anfield tanpa Steven Gerrard. Gerrard sebelumnya menjadi pemain yang paling kental dengan derby ini mengingat ia sudah membela Liverpool sejak tahun 1998 hingga akhirnya hijrah ke LA Galaxy pertengahan 2015 lalu.

Pada pertemuan kali ini, kedua kesebelasan dipastikan akan tampil tanpa kekuatan penuh. Sejumlah cedera yang menimpa para pemain pilar kedua kesebelasan akan membuat kedua manajer kesebelasan akan memutar otak untuk memenangi pertandingan ini.

Di kubu Liverpool, Divock Origi masih diragukan tampil karena baru pulih dari cedera. Sementara penyerang Liverpool lainnya, Christian Benteke, dipastikan absen karena cedera. Namun kehadiran Daniel Sturridge yang mencetak enam gol dari 10 penampilannya di Liga Primer membuat masalah di lini depan setidaknya bisa teratasi.

Masalah bagi Liverpool muncul di lini tengah. Dalam kemenangan dramatis menghadapi Borussia Dortmund di ajang Europa League, Emre Can menjadi tumbal. Cederanya pada laga tersebut membuatnya harus menepi hingga akhir musim. Cederanya Jordan Henderson pun membuat gelandang pilar Liverpool yang absen bertambah.

Untuk mengisi pos keduanya dalam formasi 4-2-3-1, sepertinya Joe Allen dan James Mliner akan dipilih Manajer Liverpool, Juergen Klopp. Selain kedua pemain tersebut, masih ada Lucas Leiva yang bisa mengisi salah satu posisi double pivot pada laga ini.

Peran Philippe Coutinho di lini tengah Liverpool tentunya akan sangat dibutuhkan skuat berjuluk The Reds pada laga ini. Kreativitasnya dari lini kedua diharapkan menambah daya gedor bagi lini serang Liverpool yang akan bertumpu pada Sturridge.

Coutinho saat ini menjadi pencetak gol terbanyak kedua Liverpool di Liga Primer bersama Benteke dengan tujuh gol. Gol terbanyak diraih oleh pemain asal Brasil lainnya, Roberto Firmino, yang mengoleksi sembilan gol.

Meski torehan gol Firmino lebih banyak, Coutinho tampaknya akan lebih menonjol perannya pada pertemuan dengan Everton kali ini. Dalam lima pertandingan terakhir Liverpool, ketika Firmino hanya mencetak satu gol, Coutinho berhasil mencetak empat gol dan satu assist.

Namun Coutinho tak akan sendirian menunjukkan kebolehannya di lapangan tengah Anfield malam nanti. Kubu Everton pun memiliki gelandang yang bisa mengubah jalannya pertandingan dalam diri Ross Barkley.

Barkley menjadi andalan Everton musim ini dengan mencetak delapan gol serta tujuh assist dari 33 penampilan. Torehannya golnya merupakan terbanyak kedua setelah Romelu Lukaku yang mencetak 18 gol. Untuk torehan assist, Barkley hanya kalah satu assist dari Gerard Deulefou.

Hanya saja tak seperti Coutinho, Barkley tengah dalam penurunan performa dalam beberapa pertandingan terakhir. Terakhir kali Barkley mencetak gol di Liga Primer adalah ketika Everton menjungkalkan Newcastle United dengan skor 3-0 pada 3 Februari lalu. Setelah itu, bersamaan dengan penurunan performa Everton, Barkley belum lagi menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu gelandang terbaik Inggris.

Setelah menang menghadapi Aston Villa pada awal Maret, Everton belum lagi menorehkan kemenangan di Liga Primer. Jelang laga ini, skuat berjuluk The Toffees ini tak meraih kemenangan dalam enam pertandingan, tiga kalah dan tiga seri.

Sementara menghadapi Liverpool kali ini, ujian bagi Everton pun akan lebih berat. Tom Cleverley, Leighton Baines, Phil Jagielka dan Aaron Lennon diragukan tampil, sementara Seamus Coleman masih harus menepi.

Karenanya akan menjadi tugas yang berat bagi Barkley cs., saat melawan ke Anfield kali ini. Everton harus segera mengembalikan kepercayaan diri mereka menghadapi Liverpool yang tak terkalahkan sepanjang April ini, yang membuat kubu tuan rumah lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan ke-89 di derby ini.


Komentar