Stoke City vs Southampton: Duel Sengit Demi Tiket ke Eropa

Berita

by redaksi

Stoke City vs Southampton: Duel Sengit Demi Tiket ke Eropa

Pertempuran sengit diprediksi akan terjadi di Stadion Britannia, Sabtu (12/3) malam WIB. Stoke City akan mengincar poin penuh dari Southampton guna mengincar tiket ke Eropa. Stoke City berada di posisi kedelapan dengan raihan 43 poin, sedangkan Southampton berada satu strip di bawahnya dengan 41 angka.

Sementara itu, Stoke sedang dalam kondisi yang bagus. Mereka tak terkalahkan di empat laga terakhir dengan rincian tiga kemenangan dan sekali hasil imbang. Akan tetapi, performa berbeda ditunjukkan oleh Soton. Mereka justru mengalami hasil buruk pada beberapa pertandingan sebelumnya. Dalam tiga laga terakhir, The Saints hanya berhasil meraup satu poin.

Pada pertemuan pertama lalu yang digelar di St Mary's Stadium, Stoke berhasil mencuri poin setelah menang tipis dengan skor 1-0. Saat itu Bojan Krki? menjadi pahlawan dengan gol semata wayangnya.

Dilihat dari head to head perlini, kedua tim hampir berimbang. Mulai dari sektor penjaga gawang, Jack Butland muncul sebagai calon kiper masa depan Inggris. Youngsters tersebut telah sukses menjaga keperawanan gawangnya sebanyak 10 kali dari total 26 pertandingan yang dilakoninya. Dari kubu Southampton, Fraser Forster menjadi salah satu nyawa penting bagi The Saint, hal itu dibuktikan dengan gelar Player of The Month bulan Februari.

Pertahanan kedua tim juga dijaga oleh bek tangguh. Stoke memiliki Ryan Shawcross yang merupakan kapten sekaligus jenderal di lini belakang, dengan presentase kemenangan duel sebesar 57% membuat kontribusinya terhadap tim tak bisa dianggap remeh. Sementara itu, Soton memiliki Virgil Van Dijk, bek yang dibeli dari Glasgow Celtic itu telah sukses mencatatkan 70 kali intercept dan sudah menyumbangkan tiga gol bagi Soton. Van Dijk tak hanya kuat di lini belakang, namun juga turut berkontribusi dalam menyerang.

Lalu di lini tengah Stoke diperkuat oleh Xherdan Shaqiri yang unggul dalam kecepatan. Pemain asal Swiss tersebut berhasil memprakarsai 45 serangan, dan telah melepaskan 40 umpan kunci. Akselerasi serta kekuatan yang dimilikinya sangat mendukung untuk melakukan penetrasi di area musuh. Sementara itu, Soton memiliki Dusan Tadic yang telah membantu timnya membuat 52 kali kesempatan untuk mencetak gol serta telah menyumbangkan lima assist.

Sektor depan The Potters sedikit lebih unggul dengan kehadiran Marko Arnautovic, Bojan, serta Mame Biram Diouf, yang total telah melesakkan 18 gol bagi Stoke. Setengah dari hasil tersebut dicetak oleh Arnautovic dan menjadikan pemain yang pernah berseragam Inter Milan tersebut menjadi pencetak gol terbanyak di klubnya.

Dari kubu tamu, sektor penyerang diperkuat oleh Graziano Pellè yang performanya tak sebaik musim lalu dan baru mencetak enam gol, sedangkan rekannya Shane Long sudah tujuh kali membobol gawang lawan.

Tipisnya jarak antara Stoke dan Soton di tabel klasemen sementara dengan komposisi pemain yang berimbang akan membuat pertandingan kali ini akan berlangsung seru. Stoke sedikit diunggulkan karena bermain di kandang sendiri, namun untuk mencetak gol ke gawang Forster bukan perkara mudah, karena mereka mempunyai pertahanan terkuat kedua di Liga Inggris setelah Tottenham Hotspur.

Foto : Independent.co.uk

ed: fva

Komentar