Insiden Penusukan Hantui Laga West Ham vs Tottenham

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Insiden Penusukan Hantui Laga West Ham vs Tottenham

Perpisahan tentu ingin diakhiri oleh momen indah. Dan itu tentu akan dilakukan West Ham United, Kamis (3/3) dini hari nanti kala menghadapi rival sekota mereka, Tottenham Hotspur. Perpisahan ini bahkan tinggal menghitung hari, lantaran hanya ada enam pertandingan tersisa yang akan West Ham mainkan di Boleyn Ground.

Meski demikian, laga ini diprediksi tak akan mudah. Persaingan antar tim sekota jelas memengaruhi laga ini. Selain itu, West Ham yang berada di peringkat keenam Liga Primer Inggris, tentu tak ingin tetangga mereka meraih poin penuh di kandang bersejarah mereka.

Satu hal yang akan diwaspadai dalam laga ini jelas adalah faktor keamanan. Insiden penusukan yang dialami suporter West Ham di White Hart Lane, November 2015 jelas tak mudah dilupakan oleh pendukung The Hammers. Belum lagi penangkapan ratusan pendukung West Ham oleh polisi akibat kasus perusakan.

Melihat hal tersebut, Manajer West Ham, Slaven Bilic, ikut bersuara. Menurutnya, meski harga diri laga ini penting nilainya bagi klub, namun ia meminta suporter West Ham untuk dewasa dan tidak melakukan hal-hal yang membuat citra klub turun.

“Hasil akhir dan esensi pertandingan ini sangat berarti bagi kedua klub sebab ini adalah pertandingan derby. Tidak ada laga derby yang melihat klasemen, sebab hal itu tidak menentukan. Selain itu, pertandingan ini juga tidak bisa. Anda tidak bisa menentukan pemenang laga derby dari pemenang pertemuan pertama atau pertandingan terakhir kedua tim,” ujar pria yang sempat menghabiskan kariernya di West Ham ini.

“Pertandingan ini akan sangat ketat karena mereka (Tottenham Hotspur) berada di posisi yang baik di klasemen sementara,” ungkap Bilic seperti dikutip The Guardian.

“Mengingat ini laga yang penting, kami berharap suporter kami untuk selalu mendukung pemain, tim, dan klub di arah yang positif dan bukan sebaliknya. Suporter adalah penggambaran masyarakat mengenai klub tersebut dan harusnya mereka dapat menunjukkan bahwa tim kita besar, tuan rumah yang baik, dan sopan,” imbuhnya.

Pernyataan Bilic memang menggambarkan intensitas laga baik di lapangan maupun di luar lapangan yang nampaknya akan berjalan panas. Pernyataan Bilic pun diamini oleh dua pemilik klub, David Sullivan dan David Gold. Keduanya bahkan dikabarkan beberapa media Inggris telah menerbitkan pernyataan peringatan kepada suporter West Ham untuk tidak melakukan chant bernada melecehkan.

“Sangat penting untuk diingat bahwa setiap suporter West Ham United yang menghadiri laga ini untuk bersikap baik. Sebab, kalian adalah duta bagi klub kami dan perilaku mereka harus mencerminkan nilai-nilai dan standar yang kita tetapkan. Kita berharap laga ini akan menjadi spesial. Come on you, Irons!,” ujar pernyataan resmi seperti dilansir Daily Mail.

Jadi, sudah siap menunggu pertarungan panas dua tim London?

Komentar