On This Day 1971, Singkirkan Liverpool di Final, Arsenal Juara FA Cup

Backpass

by redaksi

On This Day 1971, Singkirkan Liverpool di Final, Arsenal Juara FA Cup

Setelah lima hari sebelumnya memastikan gelar juara Liga Inggris, pada 8 Mei 1971 Arsenal melengkapi koleksi trophinya dengan memenangi Piala FA. Mengalahkan Liverpool di partai final.

Musim itu, adalah salah satu musim terbaik Arsenal. Sebelum tampil di final FA Cup, Meriam London berhasil mempermalukan Tottenham Hotspur di depan publiknya sendiri, dan memastikan gelar juara Liga Inggris.

Pada partai final FA Cup 1971, Arsenal bertemu dengan Liverpool. Karena kostum utama dua klub ini sama-sama merah, Arsenal yang bertindak sebagai tamu akhirnya memilih kostum keduanya, yang berwarna kuning.

Pertandingan berjalan alot. Kedua tim sama-sama menunjukkan kelasnya. Jual beli serangan terjadi selama 2x45 menit. Namun, selama waktu normal anak asuh Bill Shankly tetap saja belum bisa menembus rapatnya pertahanan Arsenal yang dikomandoi Frank McLintock. Pun begitu dengan anak-anak London. Ray Kennedy dkk. juga belum bisa menjebol gawang Liverpool yang dijaga Ray Clemence.

Tambahan waktu pun diberikan. Dan disinilah drama itu terjadi.

Perpanjangan waktu baru berlangsung 2 menit. Steve Heighway yang menyisir sisi kanan pertahanan Arsenal berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang yang gagal diantisipasi oleh Bob Wilson. Liverpool unggul, 1-0.

Namun, kegembiraan anak-anak kota pelabuhan tak bertahan lama. Sembilan menit berselang dari gol Heighway, Arsenal dapat menyamakan kedudukan. Pemain pengganti eddie Kelly-lah aktornya. Kelly berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Clemance, dan menceploskan bola ke gawang. Papan skor pun berubah, 1-1.

Staminalah yang berbicara lebih pada pertandingan final itu. kedua tim memang sama-sama kelelahan. Namun Arsenal-lah yang berhasil memanfaatkan situasi.

Setelah berhasil mendapat umpan pendek dari John Radford, Charlie Georgemelakukan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Tendangan itu gagal diantisipasi Clemance. Arsenal berhasil membalikkan keadaan. Liverpool 1-2 Arsenal.

Dengan hasil akhir itu, Arsenal pun tampil sebagai juara FA. Mereka mengukuhkan diri sebagai jawara Britannia musim 1970/1971.

[video id="7uL-iJEiyIg" site="youtube"][/video]

(mul)

 

Komentar