Van Gaal Tidak Pernah Setuju Januzaj Memperkuat Dortmund

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Van Gaal Tidak Pernah Setuju Januzaj Memperkuat Dortmund

Masa pinjaman gelandang serang Manchester United, Adnan Januzaj, diperpendek bersama Borussia Dortmund. Ia dipastikan kembali menuju The Red Devils, julukan United, pada pekan ini. Hal ini menjadikan kepindahan Januzaj pada tenggat bursa transfer musim panas lalu seolah bumerang bagi dirinya sendiri.

Januzaj jarang dimainkan Dortmund pada setengah musim Bundesliga ini. Dirinya cuma melakoni enam partai Bundesliga 2015/2016, itupun sebagai pemain pengganti. Januzaj pun belum pernah bermain lagi sejak dikalahkan PAOK Salonika pada ajang Liga Europa pada 10 Desember 2015 lalu.

Bahkan Januzaj tidak diikutsertakan pada latihan musim dingin di Dubai. Pemain 20 tahun ini pun lebih memilih berlatih secara pribadi. Thomas Tuchel, Pelatih Dortmund, menganggap mental Januzaj belum siap menghadapi tuntutan sebagai pemain inti kesebelasannya.

Louis van Gaal, Manajer United, menyesali kiprah Januzaj yang tidak berkembang bersama Dortmund. Awalnya, Van Gaal rela melepaskan Januzaj agar mendapatkan pengalaman dan kesempatan bermain lebih banyak karena mantan Manajer Bayern Munich itu tidak ingin menjual Januzaj.

Baca juga : Man United di Antara Mane Atau Anderson.

Van Gaal pun menyarankan Januzaj agar tidak pindah ke Dortmund karena persaingannya hampir mirip dengan United. Januzaj harus bersaing dengan pemain-pemain Dortmund yang tingkatnya lebih tinggi, seperti Shinji Kagawa, Henrikh Mkhirtaryan, Marco Reus, Adrian Ramos, dan lainnya.

Sementara dalam benak Van Gaal, ia ingin Januzaj bisa bermain pada semua pertandingan yang diikuti kesebelasan yang meminjamnya. Maka dari itulah Van Gaal lebih menyarankan Januzaj dipinjamkan kepada kesebelasan Liga Primer Inggris saja.

"Di klub seperti Borussia Dortmund, semua pemain bisa dilibatkan dari levelnya. Saya mengatakan sebelumnya (kepada Januzaj) bahwa ada risiko besar karena harus bersaing dengan pemain lain dengan tingkat yang lebih tinggi dan tidak mudah," ungkap Van Gaal.

"Saya yakin dia memiliki bakat dari permainannya, tapi dia harus belajar banyak hal. Bakat itu adalah hal penting, tapi begitu juga karakter untuk mengembangkan bakatnya dan ia dapat belajar dari itu," tambahnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Baca juga : Manchester United Butuh Penyerang Baru?.

Januzaj terancam tidak akan dipanggil memperkuat Kesebelasan Negara Belgia pada Euro 2016 mendatang. Padahal Januzaj merupakan bagian dari skuat Belgia pada Piala Dunia 2014 lalu. Hal itu tidak lepas dari peran vitalnya ketika The Red Devils masih dibesut David Moyes.

Musim ini, Januzaj sebenarnya sempat bermain empat kali untuk United dan mencetak gol kemenangan melawan tuan rumah Aston Villa pada Agustus 2015 lalu. Ia baru dipinjamkan ke Dortmund pada tenggat bursa transfer musim panas lalu yang ternyata tak berumur panjang.

Sumber lain : BBC, ESPN FC, Mirror, The Guardian

Komentar