Menanti Aksi Turan-Vidal Bersama Barcelona

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Menanti Aksi Turan-Vidal Bersama Barcelona

Sebelumnya, Barcelona mendapatkan sanksi dari FIFA, yaitu larangan mendaftarkan pemain baru sampai Januari 2015. Keputusan itu lahir akibat Barca melanggar regulasi kontrak pemain di bawah 18 tahun.

Atas alasan itulah Aleix Vidal dan Arda Turan yang dibeli pada bursa musim panas lalu, masih belum bisa dimainkan selama setengah musim La Liga 2015/2016. Tapi Januari 2016 telah tiba dan Blaugrana, julukan Barca,  sudah lepas dari sanksi.

Vidal dan Turan pun berhak mendapat nomor punggung resmi mereka saat ini. Vidal memilih nomor punggung 22, sementara Turan memilih nomor punggung tujuh. Nomor yang dipilih Vidal sebelumnya dikenakan Dani Alves. Sementara Alves sendiri memilih nomor enam yang ditinggalkan Xavi Hernandez sejak awal musim ini.

Turan sendiri memilih nomor tujuh yang tak berpemilik usai Pedro Rodriguez hengkang ke Chelsea pada bursa transfer musim panas lalu. Ini artinya, ia akan mengenakan nomor kebesaran Barca yang juga pernah dikenakan oleh Luis Figo, Javier Saviola, Henrik Larsson, Eidur Gudjohnsen dan David Villa.

Pemilihan nomor tujuh bagi Turan memang beralasan. Biasanya, Turan memakai nomor punggung 10 seperti saat berada di dua bekas kesebelasannya, Atletico Madrid dan Galatasaray. Sementara di Barcelona, nomor 10 masih milik Lionel Messi.

Baca juga : Serba-serbi Lionel Messi Usai Kalahkan Real Betis.

Kendati Vidal dan Turan tidak berlaga secara resmi pada setengah musim, namun Luis Enrique tetap yakin keduanya bisa berkontribusi besar untuk kesebelasannya. Enrique yakin bahwa keduanya sudah beradaptasi dengan permainan Barca dan memahami permainan rekan-rekan setimnya.

"Mereka lebih baik dari pemain baru. Mereka telah berada di klub selama lima bulan dengan berlatih bersama rekan satu tim dan mengenal cara bermain Barcelona," ujarnya seperti dikutip dari Daily Mail.

Enrique sendiri bisa memainkan Turan pada posisi gelandang tengah atau penyerang sayap. Namun kehadirannya lebih akan membuat lini tengah Barca menjadi lebih memiliki kedalaman skuat. Selain Trio MSN sulit tergantikan, kehadiran gelandang asal Turki ini membuat Blaugrana memiliki pemain sepadan untuk merotasi Andres Iniesta dan Ivan Rakitic yang telah menjadi duel di lini tengah sejak musim lalu. Iniesta sudah mulai rentan cedera, maka Turan diperkirakan bisa menjadi alternatif yang tepat untuknya.

Baca juga tentang keanehan transfer Arda Turan terkait politik Presiden Barcelona.

Untuk Vidal, ia akan menjadi pengganti sepadan bagi Alves di posisi full-back kanan. Selama ini Enrique selalu memaksakan Sergi Roberto menggantikan Alves meski posisi asli Sergi adalah gelandang tengah. Ia pun bisa menjadi bek kanan andalan Barca di masa depan mengingat Alves yang sempat diambang pintu keluar.

"Kami akan berusaha menuju arah yang sama. Kami semua di sini untuk membantu tim memenangi setiap gelar," ujar Alves seperti dikutip situs resmi Barca.

Sejauh ini Vidal dan Turan masih melakukan sesi latihan ringan. Keduanya pun belum bisa diturunkan saat Barcelona bermain imbang dengan Espanyol pada Sabtu kemarin (2/1). Hal itu karena Vidal dan Turan belum didaftarkan Barca ke Federasi Sepakbola Spanyol.

">January 1, 2016

Rencananya, Barca baru akan mendaftarkan keduanya pada Senin (4/1)  mendatang. Sehingga Vidal dan Turan baru bisa diturunkan ketika mereka menghadapi klub yang sama pada ajang Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Kamis (7/1) dini hari. Kita lihat dampak seperti apa yang ditularkan keduanya pada skuat Barca yang baru saja menjadi jawara di FIFA Club World Champioship pada Desember lalu.

Sumber lain : AS, Marca, Mundo Deportivo

Komentar