Logo Baru Manchester City

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Logo Baru Manchester City

Badan Intellectual Property Office (IPO) Inggris telah membocorkan logo baru Manchester City yang akan digunakan ketika Boxing Day melalui situs resmi mereka. Padahal logo tersebut masih dirahasiakan dan belum diresmikan pihak City itu sendiri.

IPO adalah badan resmi pemerintahan Inggris untuk mengakui dan melindungi hak kekayaan intelektual di Inggris. Mereka selalu berhubungan dengan departemen bisnis dan inovasi. Tugasnya yaitu bertanggung jawab untuk memeriksa dan menerima hak paten. Selain itu, IPO juga menjaga kelestarian desain paten merk dagang yang sudah terdaftar.

Maka, seluruh departemen bisnis atau organisasi apapun yang ingin menggunakan dan melindungi logonya wajib mengajukan permohonan ke IPO. Hal itu agar diketahui apakah desain itu mirip dengan sesuatu yang sudah terdaftar atau tidak. Termasuk City yang diketahui mendaftarkan logo barunya ke IPO sejak 22 Desember lalu.

Sedangkan soal kebocoran, juru bicara City menolak berkomentar. Tapi yang jelas, pemakaian logo baru akan berjalan seperti yang direncanakan, yaitu ketika menghadapi Sunderland pada Sabtu (26/12) ini. City juga akan meluncurkan logo barunya itu pada musim panas 2016.

Lantas City pun akan semakin identik dengan New York City FC dan Melbourne FC, sebagai sesama klub bagian dari Football City Group. Tiga klub itu akhirnya menggunakan logo bulat, font huruf yang sama dengan memakai simbolisasi di tengah.

Logo baru City lahir setelah berkonsultasi dengan para pendukungnya pada September lalu. Hasilnya, City kembali menggunakan logo lama, namun dengan sedikit pembaruan. Keputusan itu tidak lepas dari para pendukung City yang merindukan logo terdahulu; berbentuk bulat, terdapat kapal raksasa Mancunian dan mawar merah khas Lancashire.

2F9877A500000578-0-image-m-2_1450950014741
Logo baru Manchester City

Hak cipta logo itu dimiliki oleh mantan pemilik toko suvenir City, Eddie Phillips, pedagang di sekitaran Maine Road yang hidup di sebuah pondok kayu kecil pada akhir 1970-an. Selama ini City telah memiliki tiga logo sejak 1930-an. Mereka memakai logo bulat dalam dua masa waktu sampai 1997, kemudian diganti dengan elang emas.

Logo dengan elang emas itu pun memiliki arti. Elang emas murni dari ide desain, tapi terinspirasi dari simbol heraldik kuno. Elang juga mewakili industri penerbangan yang sedang berkembang kala itu. Sementara tiga garis diagonal di bawahnya menandakan tiga sungai yang mengalir di Manchester, yaitu Irwell, Irk dan Medlock. Tulisan Superbia in Proelio di logo tersebut merupakan bahasa latin. Artinya adalah Pride in Battle, atau kebanggaan dalam peperangan.

2F98A51900000578-3373027-image-a-19_1450951530637
Logo Manchester City dari masa ke masa.

Ragam Reaksi dan Garansi Manchester City dengan Para Pendukungnya

Di sisi lain, logo baru City mengundang ragam reaksi dari para pendukungnya. Beberapa memuji, sementara yang lain mempertanyakan mengapa huruf "FC" dihilangkan. Sebelumnya, huruf FC tertera pada logo City dengan elang emasnya.

Mereka juga mempertanyakan mengapa selalu ada bunga mawar merah yang secara historis lebih kental dengan Lanchashire, "Mari berharap bukan itu, kita bukan di Lancashire, jadi mengapa mawar merah?" tanya Kevin Cummins, seorang fotografer sekaligus pendukung City, seperti dikutip dari Manchester Evening News.

Salib pada logo Real Madrid sempat dihapus demi pemasaran di kawasan timur tengah.

Para pendukung City pun rata-rata memiliki tato logo elang emas pada tubuhnya. Atas perubahan logo tersebut, pihak City akan mempertimbangkan untuk memberikan tawaran menggiurkan kepada para pendukungnya, yaitu dengan menawarkan penghapusan tato logo elang emas gratis.

Nantinya, klub akan membuka operasi laser bagi suporter yang ingin menghapus tato dengan logo City yang lama. Kendati demikian, sejauh ini masih belum ada keputusan akhir yang dibuat para direksi.

Penghapusan tato dengan logo lama cukup hemat. Karena jika dikenakan biaya, penghapusan tato dimulai dari harga 50 poundsterling yang tergantung ukuran tato. Jika menghapus desain sekitar 30 cm, biaya tato bisa sampai 2 ribu poundsterling. Sementara jajaran direksi City akan terus mencari cara agar perubahan logo ini tak merugikan para pendukungnya.

Sumber lain : BBC, Daily Mail, ESPN FC, Mirror.

Komentar