Berdiri di Dua Tempat Berbeda dalam Waktu yang Sama

Cerita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Berdiri di Dua Tempat Berbeda dalam Waktu yang Sama

Beberapa orang berhasil menggapai impiannya bermain membela kesebelasan favorit. Beberapa lainnya kurang beruntung; menjadi pemain sepakbola tapi tidak bermain di  kesebelasan favorit. Kebanyakan, malah, tidak menjadi pemain sepakbola dan karenanya hilanglah sudah kesempatan bermain di kesebelasan favorit.

Beberapa merelakan kenyataan, namun beberapa lainnya mencari jalan lain untuk menjadi bagian dari kesebelasan kesayangan. Stuart Macfarlane, misalnya: seorang fotografer dan penggemar Arsenal. Pekerjaannya saat ini: fotografer senior di Arsenal. Senior Club Photographer, nama jabatannya sebagaimana tertera di situs resmi Arsenal.

Tidak semua orang seberuntung Macfarlane, memang. Salah satu yang mendapat tempat di industri sepakbola namun tidak bekerja di kesebelasan favorit adalah Miles Smith, staf akademi West Ham United bagian ilmu olahraga . Ia seorang penggemar Manchester United. Bukan sembarang penggemar, malah. Smith adalah pemegang tiket musiman United.

Setidaknya dua kali dalam setahun, kakinya berada di dua tempat berbeda. Salah satu momen seperti ini akan terjadi nanti malam, saat United menjamu The Hammers. West Ham United pun mewawancarai Smith secara khusus, mencari tahu pandangannya tentang United dan di mana ia akan berdiri malam nanti.

Q: Bagaimana pendapatmu mengenai musim United sejauh ini?

A: Aku rasa United mulai terbiasa, di bawah arahan Louis van Gaal mereka memainkan gaya yang ingin ia mainkan. Beberapa pendukung United belum menerimanya dengan baik karena harapan yang mereka miliki. Namun aku rasa secara keseluruhan, kesebelasan mulai terbiasa, Van Gaal mulai berhasil menanamkan filosofi permainannya.

Beberapa pekan lalu Gary Neville berkata ia merasa United membutuhkan dua pemain kelas dunia lagi untuk mengubah permainan dan aku rasa memang itulah yang mereka butuhkan, aku rasa United kehilangan percikan permainan.

Q: United mendatangkan beberapa pemain di musim panas, siapa yang paling membuatmu terkesan?

A: Pemain muda, Anthony Martial, jelas menonjol; tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai karir United selain mencetak gol melawan Liverpool. Memphis Depay mendapat banyak kritik yang tidak perlu namun ia terang-terangan telah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia dapat menjadi pemain hebat. Ia memiliki kemampuan untuk bermain di level permainan United dalam jangka waktu yang sangat, sangat lama namun ia tidak akan menjadi pemain hebat sekarang juga.

Q: Berdasarkan ekspektasi realistis, posisi berapa yang pantas dibebankan kepada United musim ini?

A: Puncak, aku rasa kita harus mengharapkan United menjadi juara setiap tahun, aku rasa kita tidak dapat mengharapkan yang lain. Jika seorang manajer United menentukan target yang lebih rendah dari juara mereka sudah berada dalam masalah. United harus, setidaknya, bersaing memperebutkan gelar juara.

Q: Bagaimana pendapatmu mengenai West Ham musim ini?

A: Kami telah membuat banyak orang terkesan dan aku rasa (West Ham) menrusak bursa taruhan musim ini! Jelas sekali performa kami luar biasa, buktinya kami telah mengalahkan kesebelasan-kesebelasan besar sejauh ini dan akan menarik menantikan apakah kami dapat melakukannya lagi Sabtu ini. Jika kami mampu maka aku yakin para pemain akan terus maju hingga akhir musim. Hasil beberapa pertandingan terakhir tidak sesuai dengan harapan kami namun menarik menantikan bagaimana kesebelasan bereaksi Sabtu ini.

Q: Prediksimu tentang kedudukan akhir hari Sabtu?

A: Ini sulit bagiku karena akhir pekan ini aku berdiri di dua tempat. Pertandingan ini barangkali adalah yang terburuk musim ini bagiku. Tentu saja karena aku bekerja di West Ham aku ingin mereka bermain sebaik mungkin namun keluargaku sudah menjadi pemegang tiket musiman United dari generasi ke generasi.

Para pemain (West Ham) musim ini sering menunjukkan bahwa mereka dapat bersaing dengan kesebelasan-kesebelasan papan atas namun sebagaimana kita tahu United adalah salah satu kesebelasan terbaik di Eropa jadi aku rasa pertandingan ini tidak akan mudah untuk kedua kesebelasan.

Mungkin keluargaku akan mengolok-olokkku karena aku mengatakan itu namun hasil pertandingan kedua kesebelasan penting bagiku dan aku tidak ingin kalah!

Isi wawancara ini adalah terjemahan langsung dari wawancara yang dimuat di situs resmi West Ham United.

Komentar