Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle dan Sepakbola

Klasik

by redaksi

Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle dan Sepakbola

Anda mengenal Sherlock Holmes, John Watson, James Moriarty atau Mycroft Holmes? atau anda tak asing dengan sebuah rumah sempit bernomer 221B pada suatu jalanan kecil Bakerstreet di sudut kota London, tentu saja semua itu hanya rekaan semata dari seorang Sir Arthur Conan Doyle - Penulis dari novel detektif Sherlock Holmes yang melegenda itu.

Namun siapa sangka sebelum mulai menulis cerita Sherlock Holmes ternyata Conan Doyle sempat menggemari olahraga sepakbola. Kabar simpang siur mengatakan Si Arthur adalah kiper pertama dari klub Portsmouth. Apakah itu benar demikian?

Arthur Conan Doyle datang ke Portsmouth pada bulan Juni 1882. ia datang ke Portsmouth sebagai kaum papa yang tak punya pekerjaan dan tempat tinggal. Sebagai seorang ahli medis kemudian lama kelamaan Conan Doyle membuka praktik sebagai seorang dokter.

Tak hanya bergelut di bidang medis, Doyle pun bergabung dengan perkumpulan sastra di kota Portsmouth. Tak lupa dia aktif bermain untuk tim kriket dan rugbi lokal. Dalam soal sepakbola Doyle sempat menjadi kiper pada sebuah klub bernama AC Smith. Klub ini adalah cikal bakal dari Portsmouth FC, karenanya wajar saja jika ada orang yang menyebut bahwa Doyle adalah kiper pertama dalam sejarah klub Portsmouth.

Di sela-sela aktifitasnya sebagai seorang dokter dan olahragawan, Doyle memulai menulis cerita-cerita pendek. Karya pertama yang dia buat adalah novel sejarah berjudul Micah Clarke dan dua serial cerita awal Sherlock Holmes, berjudul A Study in Scarlet dan The Sign of Four. Cerita soal Sherlock Holmes dan Porstmouth bisa anda baca pada buku Sherlock Holmes Was a Pompey Keeper tulisan Kevin Smith.

Meski pernah menggemari sepakbola anehnya dalam karya-karyanya Conan Doyle tak pernah menyebut karakter Sherlock Holmes sebagai seorang yang gila bola. Detektif yang terkenal dingin ini malah selalu identik sebagai orang yang tak gemar olahraga lain selain tinju. Beruntung Doyle ternyata membuat rekan Holmes yaitu John Watson sebagai gila bola. Dalam beberapa novelnya, Doyle menyebut Watson sebagai seorang fans dari Hibernian.

(wam)

Komentar