Menyambut Musim dan Fitur Baru Fantasy Premier League

Fantasy Premier League

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Menyambut Musim dan Fitur Baru Fantasy Premier League

Bagi sebagian penggemar sepakbola, khususnya Liga Primer Inggris, menyaksikan pertandingan saja tidak cukup. Mereka ingin turut ambil bagian dalam liga yang katanya paling gemerlap di dunia. Salah satu caranya adalah dengan bermain Fantasy Premier League (FPL), yang merupakan permainan resmi simulasi manajer Liga Primer Inggris.

Saat pertama kali memulai bermain, Anda akan diberikan dana sejumlah terbatas untuk memilih skuat. Setiap pemain dibanderol dengan harga yang berbeda. Di sinilah kejelian dan pengetahuan Anda diperlukan. Dengan dana yang terbatas tak semua pemain bintang bisa Anda pilih. Pemain yang dipilih pun tak boleh sembarangan karena akan berpengaruh pada perolehan poin yang nantinya didapatkan.

Poin yang didapatkan dari kejadian nyata dengan di FPL berbeda-beda. Misalkan Anda merekrut Alexis Sanchez dan ia mencetak gol, maka Anda akan mendapatkan lima poin, karena aturannya jika gelandang mencetak gol, ia akan mendapat poin dengan jumlah tersebut. Namun, lain halnya jika ia terkena kartu merah, maka Sanchez akan dikurangi tiga poin. Jumlah poin dari tiap individu kemudian dikalkulasikan sebagai nilai mingguan yang akan memengaruhi klasemen liga yang Anda ikuti sepanjang musim.

Aturan-aturan lain seperti menit bermain, calon lawan, dan potensi mendapatkan bonus juga perlu diperhatikan. Itulah kenapa seseorang yang mahir bermain FPL dipastikan mempunyai banyak pengetahuan tentang Liga Primer, begitu juga sebaliknya.  Selengkapnya tentang aturan FPL, klik di sini.

Anda juga dapat membuat liga sendiri atau bergabung di masing-masing komunitas sekitar Anda. Pihak penyelenggara juga menyediakan hadiah bulanan dan grand prize yang menarik; mulai dari bola resmi EPL, permainan FIFA 16, komputer tablet, menonton langsung klub favorit, hingga paket perjalanan eksklusif tujuh malam berkeliling Inggris.

Tetapi ingat permainan ini juga punya efek samping, musim lalu banyak pendukung Man United mengharapkan Sterling mencetak banyak gol untuk Liverpool . Sehingga bermain FPL berpotensi membuat anda menjadi seorang pengkhianat.

Musim Baru dengan Fitur Baru

Awal musim adalah saat-saat krusial dalam karir Anda sebagai seorang manajer. Salah merekrut pemain berpotensi membuat kesebelasan Anda akan terseok-seok kemudian. Fitur wildcard atau transfer pemain tanpa batas jumlahnya masih tersedia musim ini, masing-masing satu kali sebelum dan sesudah jeda paruh musim.

Bagi Anda yang belum tahu, setiap minggu tiap pemain hanya diperbolehkan melakukan  sekali transfer. Jika Anda merekrut lebih dari satu, maka akan ada pengurangan poin. Strategi asal rekrut lalu menunggu 3-4 pekan dan akhirnya menggunakan jatah wildcard memang jamak dilakukan. Salah satu cara termudah membangun tim kompetitif.

Coblos_Kane
Klik gambar di atas untuk tips mendulang poin pada FPL 2015/2016

Tetapi jika ingin menjadi juara cara di atas lebih baik mulai ditinggalkan. Mulailah melakukan pemantauan bakat dengan mengikuti perkembangan Liga Primer Inggris, termasuk taktik dan mengecek jadwal tanding untuk strategi transfer. Termasuk memilih pemain yang duduk di bangku cadangan, sebaiknya tidak sembarangan.

Musim ini EA Sport sebagai partner FPL juga memperkenalkan fitur baru yang sebaiknya mulai Anda pelajari. Ada tiga fitur yang diperkenalkan yang semuanya berpotensi besar mendulang poin tambahan.

Pertama adalah all out attack, sesuai namanya fitur ini digunakan agar kesebelasan anda bisa tampil “sangat menyerang”. Jika pada gameweek biasa anda minimal harus ada 3 bek di starter, maka dengan fitur ini anda dapat bermain hanya dengan 2 bek saja atau 2-5-3.

Tetapi anda harus memastikan starter Anda pasti tampil di laga resminya, karena jika tidak maka otomatis akan digantikan oleh pemain cadangan dan formasi langsung berubah. Sayangnya jika itu terjadi, jatah all out attack Anda dianggap terpakai.

Selanjutnya yakni triple captain, fitur yang membuat kapten yang Anda pilih poinnya biasanya mendapat dua kali lipat. Maka dengan ini poin tersebut akan dikalikan tiga. Jika kapten yang dipilih tidak main maka keistimewaan tadi akan berpindah ke wakil kapten. Namun apabila keduanya tidak tampil di laga resmi, fitur tetap dianggap tetap terpakai meski keistimewaan tadi tidak Anda rasakan.

Terakhir adalah yang seharusnya paling mudah diaplikasikan strateginya, yaitu bench boost digunakan untuk membuat pemain cadangan Anda poinnya akan dihitung di total poin gameweek tersebut.

Ketiga fitur di atas sebaiknya tak membuat anda gelap mata dan gegabah saat mengaktifkannya karena hanya dapat dipakai satu gameweek sepanjang musim dan tidak dapat dipakai berbarengan. Cara paling mudah mengatur strateginya adalah dengan memperhatikan jadwal untuk menyesuaikan lawan dan akumulasi kartu setiap pemain Anda setiap minggunya.

Gabung di Fantasy Premier League Panditfootball

1.Buka fantasy.premierleague.com
2. Registrasi / verifikasi ulang bagi yang sudah punya akun
3. Klik visit fantasy premier league atau kunjungi langsung fantasy.premierleague.com
4. Pilih skuat & nama tim
5. Masuk ke menu league, pilih private league masukan kode 916000-223892

Komentar