Preview Persib vs Lao: Agar Menang Persib Patut Waspadai Kazuo Honma

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Preview Persib vs Lao: Agar Menang Persib Patut Waspadai Kazuo Honma

Persib Bandung melanjutkan perjalanannya di Piala AFC dengan melakoni laga kandang. Berlaga di hadapan para pendukungnya yang akan memenuhi Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, kesebelasan berjuluk Maung Bandung akan menghadapi kesebelasan asal Laos, Lao Toyota FC.

Melihat kekuatan yang dimiliki Lao FC, rasanya Persib takkan begitu kesulitan menaklukkan runner-up Liga Primer Laos ini. Dikalahkan New Radiant pada pertandingan kedua dengan skor 2-1 menunjukkan bahwa Lao FC tak lebih baik dari New Radiant. Sedangkan New Radiant dikalahkan Persib dengan skor telak 4-1 di Si Jalak Harupat.

Persib pun selalu perkasa di kandangnya sendiri. Musim lalu, Persib hanya sekali tumbang saat bermain di hadapan puluhan ribu bobotoh yang mendukungnya, saat menghadapi Semen Padang. Poin penuh pun kemungkinan besar bisa diraih Persib kali ini.

Meskipun begitu, Persib tak boleh meremehkan skuat asuhan pelatih asal Inggris, David Booth, ini. Persib juga wajib mewaspadai salah satu penyerang asing yang Lao FC miliki, penyerang asal Jepang bernama Kazuo Honma.

Lao FC sendiri musim ini merupakan pertama kalinya mereka berlaga di Piala AFC. Dan keberhasilan Lao FC mentas di kompetisi Asia ini tak lepas dari ketajaman yang ditunjukkan oleh Honma, yang baru memperkuat Lao FC pada musim lalu.

Pada musim pertamanya, Honma langsung menjadi andalan di lini depan Lao FC, meski terdapat penyerang asal Liberia, Jerome Suku Doe. Dalam 17 pertandingan, Honma sukses mencetak 29 gol. Ia merupakan salah satu pencetak gol terbanyak di Liga Laos.

Menjadi bomber haus gol bukan yang pertama bagi Honma. Penyerang berusia 35 tahun ini pernah mencetak 15 gol di divisi dua Liga Hungaria, kala berbaju FC Veszprem, kesebelasan yang ia bela sebelum hijrah ke Lao FC.

Liga Hungaria memang telah menjadi panggung bagi penyerang kelahiran kota Yokohama ini selama karirnya. Hampir selama 15 tahun Honma berkiprah di Hungaria. Saat bermain di divisi utama Liga Hungaria bersama Diosgyori VTK, 15 gol diciptakannya dalam 43 pertandingan.

Honma sendiri diduetkan bersama penyerang timnas Laos, Sitthideth Kanthavong. Booth biasanya menurunkan keduanya dalam formasi 4-1-2-1-2 variasi formasi 4-4-2. Lini depan Lao FC akan sangat mengharapkan umpan-umpan matang yang dilancarkan gelandang asal Pantai Gading, Frederic Pooda dan gelandang asal Jepang, Shintaro Ishihara.

Lao FC biasanya menerapkan skema umpan-umpan pendek cepat yang dimotori oleh dua gelandang asing mereka, Pooda dan Ishihara. Hal ini jelas akan membuat gelandang-gelandang Persib lebih bekerja keras pada laga ini.

Melihat Hariono yang berpenampilan kurang gemilang pada laga melawan Ayeyawady United, sepertinya menduetkan M. Taufiq dan Dedi Kusnandar sebagai double pivot akan menjadi opsi yang tepat.

Tapi sekali lagi, Persib sejatinya unggul secara kualitas tim. Kemenangan dengan skor telak pun tampaknya bisa mereka raih pada sore hari ini. Namun dengan catatan, jangan anggap remeh Lao FC dengan bermain mengerahkan segenap kemampuan, serta mewaspadai para pemain yang telah disebutkan di atas. Khususnya Kazuo Honma.

Sumber statistik: Wikipedia

Foto: ligaindonesia.co.id

Komentar