5 Alasan Kenapa Persipura Harus Taklukkan Bengaluru

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

5 Alasan Kenapa Persipura Harus Taklukkan Bengaluru

Oleh Rikardo Kaway

Selasa (10/3) nanti Persipura akan menjamu Bengaluru FC di Stadion Mandala Jayapura dalam lanjutan Piala AFC 2015 match day 2. Meski sempat dikabarkan akan ditunda, namun AFC akhirnya memutuskan laga ini tetap berjalan sesuai jadwal. Tim tamu asal India sendiri telah tiba Kamis (5/3) pagi di Jayapura. Faktor ingin beradapsi membuat mereka datang lebih awal ke Papua.

Di kubu tuan rumah, Persipura yang sejak kembali dari Singapura (dengan kemenangan 1-3 di markas Warriors) sudah langsung mempersiapkan diri untuk laga kandang 10 Maret nanti.  Pelatih Mutiara Hitam, Oswaldo Lessa mengatakan timnya akan tampil menekan sejak menit awal guna mengejar target kemenangan di “rumah” sendiri.

Lalu, seberapa penting kemenangan bagi Persipura di laga tersebut? Berikut 5 alasan utama yang membuat Boaz Solossa cs wajib memenangkan duel dengan Bengaluru:

Laga resmi pertama di Jayapura pada 2015

Jika tak ada hambatan, laga ini akan menjadi laga kandang pertama Mutiara Hitam di tahun 2015 yang berstatus laga resmi. Sebenarnya, Persipura punya jadwal menjamu Persija pada 4 Maret kemarin, namun urung digelar karena ISL diputuskan untuk ditunda sementara oleh BOPI dan Menpora.

Tim Persipura sudah meninggalkan Jayapura sejak awal Januari untuk melakukan TC di Malang sebelum memulai musim dengan tandang ke Singapura. Kondisi ini tentu membuat Persipuramania di Jayapura sudah tak sabar lagi ingin menyaksikan tim kebanggaan berlaga. Kemenangan tentu menjadi harga mati yang akan melengkapi hasrat suporter setia Persipura di jumpa pertama tahun 2015.

Kado Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jayapura ke-105

Tepat pada tanggal 7 Maret ini, Kota Jayapura genap berusia 105 tahun (1910-2015). Sebagai tim yang bermarkas di Jayapura, sudah selayaknya Persipura memberikan kado spesial kepada kota tercinta dan seluruh masyarakatnya. Meski mungkin sudah ada agenda-agenda khusus dari pemerintah setempat untuk menggelar pesta rakyat, namun kemenangan Persipura atas Bengaluru pastinya akan melengkapi peringatan HUT Kota Jayapura kali ini.

Peringatan 10 Tahun Karir Boaz dan Ian Kabes bersama Persipura

Tak banyak yang mengetahui tentang hal ini, namun Boaz Solossa dan Ian Luis Kabes telah genap berseragam Persipura selama satu dekade alias sepuluh tahun. Keduanya pertama kali debut di laga kompetitif Mutiara Hitam pada 5 Maret 2005 saat sama-sama belum genap berumur 19 tahun. Mereka debut saat Persipura membuka Liga Djarum Indonesia (LDI) XI 2005 di Stadion Mandala dengan mengalahkan Persegi Gianyar Bali 2-0.

Di musim itu juga, keduanya ikut merasakan saat-saat dimana Persipura memulai era emasnya yang bertahan hingga kini, dengan menjuarai Liga Djarum Indonesia (LDI) XI 2005. Keduanya pula yang ikut menyumbangkan gol-gol kemenangan di partai puncak final 2005 saat Persipura mengalahkan (tuan rumah) Persija 3-2.

Kini, setelah berbagai prestasi yang mereka sudah torehkan bersama Mutiara Hitam, tidak terasa sudah satu dekade keduanya mengabdi untuk tim dari ujung timur Indonesia. Laga menghadapi Bengaluru akan memperingati 10 tahun Boaz dan Ian di bersama Persipura sehingga kemenangan akan menjadikan momen ini lebih terasa spesial bagi keduanya.

Baca juga ulasan dan cerita-cerita kami tentang Persipura

Gabung Persipura, Zulham Zamrun Salah Pilih?
Segelas Kopi, Pesta Mie, dan Cerita Dua Hari Bersama Persipura
Inilah Cara Persipura Melatih Serangan Balik
Komposisi Pemain Persipura di ‘Tahun Juara’
Mengapa Persipura Tak Merombak Tim untuk Musim Depan?
Dominasi Persipura di Liga Super Indonesia


Respon cepat Persipura pasca MoU Signing dengan PT. Freeport Indonesia

4 Maret kemarin Persipura dan PT. Freeport Indonesia (PTFI) secara resmi melanjutkan kerjasama yang ditandai dengan agenda penandatanganan MoU Signing yang bertempat di Taman Imbi Jayapura.

PTFI kembali menunjukan komitmennya untuk mendukung Persipura agar terus berprestasi di kancah nasional maupun di level Asia dengan kucuran dana segar sebesar 22 miliar rupiah untuk dua musim (2015-2016) kompetisi.

Dengan suntikan moril yang baru beberapa diberikan, tentunya Persipura tak boleh kehilangan muka di laga kandang saat menghadapi Bengaluru. Hasil maksimal dengan kemenangan sudah pasti akan memberikan respon yang baik terhadap perusahaan tambang yang menjadi sponsor utama tim Mutiara Hitam.

Memuluskan langkah di babak penyisihan Piala AFC

Alasan terakhir kenapa Persipura harus menang adalah kembali ke misi tim yang mengincar prestasi tinggi di Piala AFC tahun ini. Persipura dan Bengaluru sama-sama meraih kemenangan di laga pertamanya, sehingga jika mampu mengalahkan tim berjuluk the blues, langkah Persipura di fase grup akan menjadi lebih mudah.

Kemenangan akan membuat Persipura mantap di puncak klasemen grup E serta ikut memberikan rasa percaya diri sebelum tandang ke Maladewa sepekan kemudian.

Itulah 5 alasan yang membuat Persipura wajib mengalahkan Bengaluru pada laga 10 Maret mendatang, selain tentunya menjaga rekor pertemuan yang belum pernah kalah jika bertemu tim-tim asal India.

Meskipun begitu, Bengaluru FC tampaknya bukan lawan yang bisa dikalahkan dengan mudah. Bengaluru FC merupakan kesebelasan terkuat di grup E AFC Cup. Salah satu kelebihan mereka adalah cukup handal memainkan possesion football.



==================

Tentang Penulis: Rikardo Kaway (@rikardokaway), seorang mahasiswa tingkat akhir asal Jayapura yang sedang kuliah di Jakarta.

Komentar