Distribusi Ballon d'Or, Liga Italia dan Spanyol Masih Terbanyak

Infografis

by redaksi

Distribusi Ballon d'Or, Liga Italia dan Spanyol Masih Terbanyak

Terpilihnya Cristiano Ronaldo sebagai pemain terbaik dunia 2014, membuat tanah Spanyol masih menjadi jawara berturut-turut 6 tahun terakhir. Tercatat sejak 2008, dua pemain asal Real Madrid dan Barcelona 2 klub raksasa negeri Matador menguasai gelar bergengsi tersebut. Dimulai dari Lionel Messi yang meraihnya di tahun 2009, dan 3 tahun selanjutnya. Kemudian dilanjutkan Ronaldo dengan raihan 2 tahun berturut-turut.

Dengan demikian pemain asal liga Spanyol kini sudah mendapat gelar ballon D'Or sebanyak 18 kali. Masing-masing 10 untuk Barcelona dan sisanya untuk Real Madrid.

Meskipun begitu, raihan liga Spanyol tersebut belum bisa melewati catatan yang dimiliki oleh liga Italia. Sama seperti liga Spanyol, liga Italia juga sudah mengirim wakil sebagai pemenang Ballon D'Or sebanyak 18 kali. Dan jumlah tersebut disumbangkan oleh 3 klub raksasa negeri Pizza, Yaitu Juventus dan AC Milan dengan 8 gelar, dan Inter Milan 2 gelar.

Sedangkan Jerman yang merupakan negara penyumbang pemain terbanyak yang meraih Ballon D'or, harus puas di bawah liga Italia dan Liga Spanyol. Sampai saat ini pemain dari klub-klub liga Jerman hanya mampu meraih 9 gelar Ballon D'Or.

Distribusi Peraih Ballon Dor_

Infografis oleh: Ludwika Dendy

Komentar