Mengenal Dua Pemain Anyar Persija Asal Eropa

Berita

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Mengenal Dua Pemain Anyar Persija Asal Eropa

Persija Jakarta melakukan persiapan serius menjelang bergulirnya Liga Indonesia 2015. Selain mendatangkan Rahmad Darmawan tim Macan Kemayoran juga merekrut sejumlah pemain dengan nama besar. Di antaranya adalah dua pemain asing asal Eropa: Martin Vunk dan Evgeni Kabaev.

Kedua pemain tersebut diperkirakan baru tiba di Jakarta pada Minggu (7/12) nanti. Namun Presiden Persija, Ferry Paulus menyatakan sudah ada kesepakatan antara pihak klub dan kedua pemain yang didatangkan sepaket tersebut. Baik Martin Vunk dan Evgeni Kabaev sebelumnya memang berasal dari klub yang sama Sillamäe Kalev, klub peringkat kedua Liga Estonia.

Martin Vunk sendiri adalah penggawa utama tim nasional Estonia. Meski di Eropa tak mampu bicara banyak tetapi secara kualitas global tim ini tak buruk-buruk amat. Menempati peringkat  83 dalam ranking FIFA, mereka sebenarnya masih berada di atas kebanyakan negara-negara papan atas di Asia yang tergabung dalam AFC.

Pemain berusia 30 tahun tersebut total sudah bermain sebanyak 65 kali untuk tim nasional. Ia sudah menjadi andalan tim nasional sejak muda dengan aktif di tim nasional mulai dari kelompok umur 16 tahun hingga U-21.

martin & WIlshere

Walaupun baru mencetak satu gol tetapi kemampuannya tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Martin Vunk sebenarnya lebih banyak ditempatkan sebagai seorang gelandang bertahan di Estonia. Termasuk saat timnya takluk 0-1 dari Inggris dalam kualifikasi Piala Eropa beberapa waktu lalu. Secara khusus bahkan ia bertugas untuk mengawal Jack Wilshere.

Melihat sekilas cuplikan video berikut, Martin Vunk punya kelebihan membagi bola, tekel, serta intersep. Jika benar maka ia akan cocok diduetkan bersama Amarzukih di tengah.

Jika membela Persija Jakarta nanti, Rahmad Darmawan bisa menempatkannya dalam 2 gelandang tengah pada formasi 4-4-2 atau bahkan berdiri di belakang striker pada 4-2-3-1. Tetapi opsi pertama sepertinya bakal dipilih mengingat melimpahnya stok penyerang di tim Macan Kemayoran nantinya.

(Baca: Skuat Impian Rahmad Darmawan Bersama Persija)

Selain sudah mendapatkan tanda tangan Bambang Pamungkas, Persija kini santer diberitakan sedang mendekati Greg Nwokolo dan Irfan Bachdim. Nama-nama tersebut akan berebut tempat menjadi teman duet Evgeni Kabaev.

Kabaev adalah pencetak gol terbanyak Liga Estonia dengan total mencetak 36 gol dari 35 penampilannya bersama JK Sillamani Kalev. Tak banyak informasi yang bisa didapat pemain asal Rusia ini, namun melihat prestasinya tak menutup kemungkinan ia akan menjadi andalan Persija dalam mencetak pundi-pundi gol.

Tetapi pihak manajemen Persija harus pandai dalam menangani kedua pemain ini terutama soal membantu adaptasi. Untuk cuaca misalnya, negara Estonia yang tempatnya berseberangan dengan Finlandia ini punya rataan suhu yang jauh lebih rendah dibandingkan Indonesia yang beriklim tropis.

Jika dalam persiapannya yang sekitar 2 bulan sebelum ISL bergulir ini mereka mampu beradaptasi dengan baik. Bukan tak mungkin kedua pemain akan bersinar dan membawa Persija meraih prestasi lebih tinggi, paling tidak dibandingkan dengan musim lalu.

Komentar