Pemain Birmingham Ini Akan Sumbangkan Semua Gajinya

Cerita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Pemain Birmingham Ini Akan Sumbangkan Semua Gajinya

Kendati hanya mendapatkan kontrak jangka pendek di Birmingham City, tidak membuat Guy Moussi lupa untuk beramal. Pemain yang sebelumnya memperkuat Nottingham Forest dan sempat dipinjamkan ke Millwall itu, dalam keadaan bebas transfer sejak Mei 2014. Hingga akhirnya menyelesaikan proses kepindahannya ke Birmingham City kemarin, Kamis (20/11/2014) dan dikontrak hingga 18 Januari 2015.

Dalam jangka waktu dua bulan tersebut, Guy berjanji akan mendonasikan seluruh gajinya untuk amal. Upahnya selama mengolah si kulit bundarnya itu akan disumbangkan kepada para suporter Birmingham yang menyandang cacat atau disabilitas, sebuah gereja di Paris Prancis, bencana Tambang Soma di Turki dan kampanye pencegahan virus penyakit Ebola.

Bencana Tambang Soma di Turki mengalami ledakan hebat di sekitar 250 Km dari kawasan selatan Istanbul Turki dan menewaskan 200 orang pada tambang batubara tersebut. Regu penolong yang diturunkan mengevakuasi korban selama 12 jam itu hanya mampu menyelamatkan 80 pekerja orang yang terjebak di reruntuhan tambang batu bara.

Sementara itu virus Ebola merupakan penyakit yang sedang menjadi ancaman besar di Benua Afrika. Hingga saat ini organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat, korban tewas akibat virus yang menyerang liver dan ginjal itu mencapai 3.000 orang.

Gelandang Bertahan yang disebut-sebut memiliki fisik kuat ini, datang ke St Andrews dengan berbekal 136 caps dan menyumbangkan tiga gol. Pemain kelahiran Bondy Prancis tersebut mengawali karirnya pada tahun 2004 di Angers SCO, klub yang kini berkiprah di Ligue 2 PRancis. Beraksi sebanyak 93 kali dengan tiga gol dari musim, kemudian Guy Moussi diboyong Nottingham Forest.

Berkiprah di liga inggris pada musim panas 2008 saat itu, Moussi mendapatkan kepercayaan mengisi skuad lini tengah The Tricky Trees. Akan tetapi pria 29 Tahun tersebut sempat melewatkan banyak waktu di musim pertamanya karena cedera.

Kendati demikian atas penampilannya di musim tersebut, sempat membuat David Moyes, Manajer Everton saat itu, kepincut. Apalagi jika Moussi diturunkan Nottingham Forrest pada laga pra musim menghadapi The Toffes.

Barulah pada awal musim 2009-2010, Moussi eksis kembali dan berhasil mencetak gol perdananya. Atas raihannya membobol gawang Barnsley tersebut, membuatnya diganjar kartu kuning kedua karena merayakan golnya terlalu berlebihan. Gol perdanananya itu sekaligus membuat Moussi terusir dari pertandingan sebelum peluit panjang dibunyikan.

Pada 2013 pemain yang identik dengan nomor punggung 39 itu dipinjamkan ke Millwall. Akan tetapi hanya diturunkan tiga kali tanpa menyumbangkan gol hingga akhir musim di tahun 2014.

Hingga akhirnya Moussi menyelesaikan kepindahannya ke Birmingham dan akan menjalani debutnya berseragam Birmingham pada Sabtu, (22/11/2014), pekan ini melawan Rotherham United.

Sang manajer Blues Gary Rowett mengaku senang dan bahagia dengan bergabungnya Moussi. Menurutnya hal tersebut mampu membantu fleksibilitas permainan selama pertandingan. "Dia gelandang bertahan yang kuat dan besar. Kita merasa bahwa sesuatu yang kita tidak punya," ujarnya seperti yang dikutip Birmingham Mail.

Komentar