Sepakbola dan Boyband Korea

Cerita

by Redaksi 46

Redaksi 46

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepakbola dan Boyband Korea

Kini, tidak sedikit yang percaya era keemasan hallyu atau Korean wave akan segera berakhir. Industri musik Korea yang sebagian besar ditopang oleh boyband dan girlband mulai didera isu tak sedap. Retaknya hubungan antara member dan agensi menjadi salah satu alasan.

Benar, setidaknya dalam dua pekan ke belakang, dua member ternama keluar (atau dikeluarkan?). Mereka adalah Jessica SNSD dan Luhan EXO. Ini pula yang membuat saham agensi yang menaunginya, SM Entertainment, anjlok ke harga 3.100 won. Beban berat yang ada di pundak para member tersebut, seolah luput dari perhatian haters yang tak pernah henti membenci.

Mirip dengan akademi sepakbola, mereka yang muncul di televisi pada saat ini adalah hasil seleksi ketat sejak usia 11 tahun. Sejak saat itu pula, mereka diajari berbagai macam cara agar bisa beradaptasi dengan industri hiburan Korea Selatan.

Menjadi dilema bagi seorang member boyband yang mesti profesional dengan pekerjaannya. Mereka mesti memasang tampang “lucu”, dan mendapat hujat dari kalangan yang menganggap mereka seperti perempuan. Yang luput dari perhatian adalah kondisi fisik mereka yang teramat prima karena digenjot latihan mencapai 10 jam perhari.

Kondisi tersebut menunjang mereka untuk menjadi atlet, salah satunya sepakbola. Berikut kami sajikan tiga member yang dikenal begitu menyukai sepakbola.

Kim Jun-su (Xia Junsu)

Pria kelahiran 1986 ini tergabung dalam grup JYJ. Selain dikenal sebagai penyanyi dan penari, ia pun dikenal sebagai penulis lirik lagu, setidaknya ada 25 lagu yang telah ia tulis sejak 2006 silam. Junsu memiliki hobi bermain piano dan bermain sepakbola.

Kim Junsu
Sumber gambar: OhKpop

Ia pun ditunjuk menjadi kapten FC MEN, tim sepakbola artis pria Korea Selatan. FC MEN merupakan bagian dari tim Liga Utama Korea Selatan, Suwon Bluewings. Memang, tim ini tidak bertanding di liga, karena sebatas tim semi-profesional, dan pemainnya pun terkadang memiliki kesibukan tersendiri. Mereka biasanya bermain dalam pembukaan acara, pertandingan persahabatan, dan pertandingan amal.

FC MEN
FC MEN (Sumber gambar: Yahoo!)
Junsu
Xia Junsu di FC MEN (Sumber gambar: JYJfantalk)

Video saat Junsu mencetak gol. Lupakan teriakan fansnya.



Luhan

Saat ini, Luhan menjadi perbincangan publik karena baru saja keluar dari EXO. Sejumlah spekulasi beredar mengenai keluarnya pria yang akan membintangi film “Once Again, 20s” tersebut. Jika Jessica SNSD keluar dan ingin meneruskan bisnis fashion-nya, Luhan tampaknya dapat menekuni profesi barunya sebagai pesepakbola.

Awal dibentuk, anggota EXO mencapai 12 orang. Dari jumlah tersebut Luhan adalah member yang terbilang aktif dalam bermain bola. Ketika ada waktu luang, ia yang menarik rekan-rekannya untuk bergabung dan bermain bola di asrama.

Karena sepakbola, sejak di SMA, Luhan mulai menjadi pusat perhatian perempuan di sekolahnya. Jika ingin melihatnya berkeringat, para perempuan yang penasaran, bisa datang saat sekolah usai di lapangan bola. Niscaya, ia akan ada di sana.

Pria yang mengidolai Cristiano Ronaldo dan Manchester United ini berposisi sebagai penyerang dan cukup sering mencetak gol. Maka, jangan heran jika ia diajak Park Ji-Sung dalam gelaran Asian Dreams Cup 2013 yang dihelat di Shanghai, Tiongkok.

Aksi Luhan dalam Idol Futsal Championship



Choi Minho

Minho

Minhoo
(Sumber gambar: korea.com)

Bersama grupnya, Shinee, Minho meraih kesuksesan lanjutan sebagai aktor, model, penulis lagu, presenter televisi dan MC. Pria kelahiran 1991 ini merupakan anak dari pelatih dan pemain timnas sepakbola Korea Selatan, Cho Yun-Gyeom. Namun, sang ayah tidak pernah mengijinkan Minho menjadi pesepakbola.

Selain aktif di Shinee, ia pun mengisi acara variety show yang ditayangkan di KBS, Lets Go Dream Team, bersama member Super Junior, Eunhyuk. Acara tersebut berisi sejumlah permainan yang menitik beratkan pada kemampuan olahraga, salah satunya sepakbola.

Kelak, setelah menikah nanti, ia ingin sang anak menjadi seorang pesepakbola, sebuah profesi yang tidak pernah ia tekuni selama ini.



Yoon Doo Joon
Yoon

Doo-Joon
(Sumber gambar: onehallyu)

Nama yang terakhir ini bukanlah idol biasa. Anggota boyband Beast ini sudah bermain sepakbola sejak sekolah dasar. Namun, boyband big bang mengubah cita-citanya menjadi pesepakbola. Lewat sebuah film dokumenter yang menceritakan tentang boyband Big Bang, Doo Joon pun terinspirasi. Ia banting stir dan memulai karirnya di dunia hiburan.

Kini, Doo Joon menjadi duta Liga Utama Korea, atau K-League. Ia nantinya akan terlibat langsung dalam sejumlah acara yang diselenggarakan K-League. Sama dengan Junsu, Doo Joon pun masuk ke dalam tim FC MEN.

"Sepakbola adalah impian ku, tapi kenyataannya sangat sulit. Oleh karena itu, aku berpikir untuk menjadikan sepakbola sebagai hobi," kata Do Joon kepada dkpoopnews, "Karena aku mencintai sepakbola, aku menyaksikan kompetisi K-League seperti menyaksikan kompetisi di benua lain. Kompetisi K-League sangat menarik. Aku pikir kami tidak kalah dengan kompetisi yang ada di Eropa."

Meski telah menjadi idol, tapi kemampuan mengolah bolanya masih terlihat jelas. Bisa dilihat dalam video di bawah ini saat ia menimbang bola dan melakukan sebuah aksi layaknya pesepakbola pro.



Sumber gambar: dkpopnews.com

Komentar