2016, Qatar Selenggarakan Piala Dunia Pemain Legenda

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

2016, Qatar Selenggarakan Piala Dunia Pemain Legenda

“Bisakah aku kembali bermain? Bisakah seorang pemain yang sudah pensiun kembali melanjutkan karir?”

Hal itu pernah diungkapkan David Beckham saat Becks merindukan masa-masa di mana ia menjadi pesepakbola profesional. Beckham yang pensiun dari sepakbola pada 2013, memang seringkali menyatakan ingin kembali menjalani kehidupan sebagai pesepakbola.

Namun sepertinya impian Beckham untuk bermain kembali bisa menjadi kenyataan. Bukan karena ia akan kembali menjadi pesepakbola profesional, melainkan karena adanya sebuah gagasan tentang akan diselenggarakannya Piala Dunia antar legenda.

Piala Dunia yang digelar khusus untuk para pemain yang sudah pensiun ini digagas oleh World Sport Company (WSC), sebuah perusahaan independen asal Timur Tengah. Gelaran bertajuk ‘Legends World Cup’ ini WSC publikasikan dalam sebuah acara bernama Aspire Global Summit.

Aspire Global Summit ini diselenggarakan di Paris selama dua hari yang dimulai sejak Senin kemarin (7/10). Acara ini dihadiri oleh 130 tamu undangan dari 50 klub top dunia dan 28 federasi sepakbola. Acara ini pun dihadiri oleh beberapa legenda seperti Patrick Kluivert, Gennaro Gattuso, Juan Sebastian Veron, dan Gaizka Mendieta.

Menurut situs Inside World Football, Piala Dunia antar legenda ini akan diselenggarakan pada tahun 2016. Nantinya 16 tim yang terdiri dari 11 negara dan lima dream team yang berisikan legenda-legenda terpilih akan saling berjibaku untuk meraih trofi juara dunia tersebut.

Dari 11 negara tersebut terdapat negara Brasil, Argentina, Inggris, Belanda, Spanyol, dan Jerman. Sedangkan untuk lima dream team akan dihuni legenda-legenda terpilih dari Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Dream team ini dibentuk agar memberikan kesempatan bagi banyak legenda yang berprestasi di negaranya tapi belum pernah merasakan Piala Dunia.

Agar lebih kompetitif, para pemain yang akan terlibat dalam Piala Dunia Legenda ini diwajibkan berkisar antara 35 hingga 45 tahun. Dalam usia tersebut dinilai masih banyak pemain yang memiliki kebugaran fisik yang prima.

Ke-16 tim ini akan dibagi ke dalam empat grup, di mana juara dan runner-up grup akan melaju ke babak perempat final. Pertandingannya sendiri akan berlangsung selama 2 x 30 menit, dengan waktu istirahat selama 15 menit. Ketika pertandingan berlangsung, sebuah tim dibebaskan melakukan pergantian pemain.

Rencananya, kompetisi ini akan digelar per dua tahun sekali. Meski harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membayar para pemain legenda tersebut, WSC sebagai pihak penyelenggara percaya bahwa acara ini akan bisa diselenggarakan.

Untuk yang menjadi tuan rumahnya sendiri, nantinya bisa ditentukan lewat voting. Namun untuk gelaran pertama, WSC ingin menyelenggarakannya di Qatar. Dengan alasan, acara ini diadakan untuk dunia, tak hanya dunia barat.

“Kami berharap bisa menyelanggarakannya di Qatar,” ujar Fouad Gaddur, direktur pengembangan bisnis WSC. “Kami menargetkan bisa menyelenggarakan tiga turnamen yang akan berlangsung setiap dua tahun sekali. Kami percaya konsep ini bisa berkelanjutan.”

Ketika Piala Dunia Legenda ini digelar, tak hanya pertandingan antar legenda yang disajikan, tapi juga berbagai macam kegiatan amal. Maka dari itu pihak penyelanggara cukup yakin bahwa acara ini akan mengundang banyak sponsor.

Gagasan Piala Dunia Legenda ini pun disambut baik oleh legenda Belanda, Patrick Kluivert: “Ide ini memberikan kesempatan bagi saya untuk kembali memberikan sesuatu. Berjuang bersama rekan-rekan untuk tempat tertinggi seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya.”

Acara ini mungkin memang bertujuan baik, bagi para pemain legenda maupun banyak orang (dengan adanya kegiatan amal). Tapi rasanya acara ini pun bagian dari upaya Qatar agar memiliki citra baik ketika Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar terus mendapatkan isu negatif sehingga terancam dipindahkan.

Tapi terlepas apa sebenarnya tujuan di balik rencana penyelanggaraan Piala Dunia Legenda ini, pertandingan Piala Dunia yang mempertemukan para legenda tampaknya bisa menjadi sebuah tontonan yang menarik. Setidaknya penyelenggaraan kompetisi ini pun akan menjadi berita gembira bagi para pemain legenda yang masih memiliki hasrat berkompetisi, tak hanya David Beckham.

Sumber: insideworldfootball.com

Komentar