Penelusuran Sejarah "Victoria Concordia Crescit"

Cerita

by Aqwam Fiazmi Hanifan

Aqwam Fiazmi Hanifan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Penelusuran Sejarah

Bagi fans Arsenal kalimat "Victoria Concordia Crescit" adalah nama yang teramat sakral. Selama bertahun-tahun kalimat itu muncul dalam logo Arsenal. Jika diterjemahkan kurang lebih arti kalimat itu adalah Kemenangan Tumbuh Melalui Keharmonisan.

Akan jadi sebuah pertanyaan kenapa motto berbahasa latin itu dikaitkan dengan Arsenal? dan sejak kapan hal itu dilakukan? Andy Kelly seorang blogger fans Arsenal pernah menelusuri pertanyaan ini.

Berdasarkan penemunannya, upaya mengaitkan motto VCC dengan Arsenal digagas oleh mantan editor matchday program Arsenal yakni Harry Homer. Hal ini diakui Homer dalam tulisannya pada match day program akhir musim 1947-48, saat Arsenal menghadapi Grimsby pada tanggal 1 Mei 1948. Pada tahun 1949 akhirnya gagasan itu diaplikasikan oleh Bob Wall dan Jack Crayston dengan menciptakan logo baru bagi klub yang dimana motto VCC diselipkan di bawah logo.

Karena tak puas dengan penemuan ini, akhirnya Andy Kelly pun menelaah lebih lanjut. Dia masih penasaran darimanakah Harry Homer mendapatkan ide VCC itu. Sebagai seorang yang gila sejarah, Andy pun mengubek-ngubek banyak buku-buku lawas, koran-koran bekas, match day program jadul dan dokumen-dokumen klasik.

Setelah diteluri nyatanya kalimat VCC sudah melekat dengan Arsenal sejak tahun 1913. Kala itu Arsenal yang merupakan tim bawah memutuskan diri untuk pindah dari Plumstead ke Highbury.  Mengawali musim 1913-1914 di Divisi II dengan dengan markas baru, Arsenal butuh sesuatu hal unik agar membuat mereka dekat dengan lingkungan baru.

Karena itu sebagai bagian dari re-branding Arsenal, desain match day program baru pun mereka perkenalkan plus diberi 8-16 halaman tambahan. Dalam salah satu isi match day program tersebut, sang penulis yakni George Allison menulis sebuah esai pendek berjudul "Our Weekly chat - By Director" isi tulisan itu membahas bagaimana Arsenal setelah pindah ke kandang baru selalu mendapatkan kemenangan-kemenangan secara beruntun.

Ada satu poin yang menyebabkan kenapa hal itu bisa terjadi.  Adalah akurnya jajaran direksi yang bertekad sama untuk memajukan Arsenal. Kerukunan kunci dari semua kemenangan itu. Pada tulisan inilah motto latin " Victoria Concordia Crescit" tersebut mulai diucap. Allison memakai perumpamaan itu layak untuk menggambarkan kondisi internal Arsenal yang sebelumnya acak-acakan. Sayangnya, hanya saja penyebutan VCC berhenti sampai disitu saja.

Sampai pada akhirnya 30 tahun kemudian, Harry Homer datang dan mempopulerkan semboyan itu lagi. Apa yang dilakukan Harry Homer dengan mengaku sebagai ide ini adalah hal originalitas temuannya pribadi tentu suatu kesalahan. Tapi upayanya untuk membongkar arsip-arsip lawas amat perlu kita apresiasi.

Komentar