Mengenal Keberadaan Tim Reserve di Liga Spanyol

Cerita

by Aqwam Fiazmi Hanifan

Aqwam Fiazmi Hanifan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mengenal Keberadaan Tim Reserve di Liga Spanyol

Ada sebuah aturan yang cukup menggelitik di Spanyol, bahwa tak mesti sebuah tim bisa promosi ke kasta di atasnya walaupun tim tersebut menjadi juara. Aturan itu berlaku bagi tim cadangan alias tim reserve.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola di Liga Spanyol memiliki empat divisi, dengan La Liga sebagai kasta tertinggi. Di bawah La Liga ada Divisi Segunda A, Divisi Segunda B, dan Divisi III.

Kekhasan di sepak bola negeri Matador terletak pada pengelolaan liga yang dikombinasikan dengan pembinaan.  Hampir setiap klub di Liga Spanyol memiliki tim cadangan dan isi skuat itu didominasi oleh para pemain junior. Keberadaan Tim ini adalah langkah sebagai batu loncatan sebelum masuk tim senior.

Lazim nama-nama tim cadangan di dilabeli huruf  “B” atau “C” seperti Real Madrid B, Barcelona B atau Atletico Madrid C yang beruji coba dengan timnas U-19 baru-baru ini. Kebijakan RFEF– PSSInya Spanyol tim-tim cadangan tidaklah dipisahkan dalam kompetisi berbeda, seperti kompetisi primavera di Italia.

Tim-tim yang didominasi pemain muda ikut bertarung di kompetisi professional yang tak terikat dengan batasan usia minimum. Karena itu wajar saja jika kita melihat di Spanyol banyak pemain-pemain berusia di bawah 20 tahun tak canggung saat masuk tim senior, toh selama di tim B pun mereka sering bertarung dengan pemain-pemain pro, ya walaupun pemain pro kasta kedua/ketiga.

Lantas bagaimana misalkan Real Madrid B atau Barcelona B yang kini berada divisi segunda mampu lolos ke La Liga di musim depan? Jawabanya adalah tak mungkin. Ada sebuah aturan bahwa satu klub “bersaudara” tidak boleh berada dalam satu divisi yang sama.

Dalam riwayatnya hal ini pernah betul-betul terjadi.  Pada musim 1983/1984, Real Madrid B berhasil menjuarai Divisi Segunda.  Hanya saja berhubung tim ini adalah tim cadangan dan Real Madrid senior masih berada di La Liga, maka promosi pun dibatalkan.

Upaya yang dilakukan Spanyol ini adalah sebuah jalan pintas agar bakat-bakat pemain muda tak tersia-siakan, mengingat sejak dari muda pemain-pemain sudah merasakan kompetisi professional yang ketat dan teratur sepanjang musim. Tujuan lain dari aturan ini tentu juga sebagai penghematan karena mereka tak perlu capek-capek menggelar kompetisi klub U-23 atau U-19.

Komentar