Prediksi Pertandingan Manchester City vs Chelsea

Analisis

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Prediksi Pertandingan Manchester City vs Chelsea

Manchester City melawan Chelsea, dua tim kandidat kuat juara akan bertemu malam ini (21/9). Meski laga diprediksi berjalan ketat, namun The Blues berada di atas angin. Selain menjadi pemuncak klasemen dengan rentetan kemenangan, rekornya juga bagus melawan City.

Musim lalu di Liga, sang juara bertahan dipecundangi dua kali. Walaupun akhirnya City sempat membalas di Piala FA. Kedua tim sebenarnya juga sedang tidak dalam performa yang baik karena hasil kurang memuaskan di Liga Champions. Chelsea hanya mampu imbang lawan Schalke di Stamford Bridge. Sedangkan Man City harus takluk dari tamunya Bayern Munich.

Jika secara rekor pertemuan tiga laga terakhir Chelsea lebih unggul, lalu bagaimana secara taktikal?

Chelsea tampil amat berbeda dibandingkan dengan musim lalu, tak ada lagi parkir bis yang disindir banyak orang. Kehadiran Diego Costa dan Fabregas membuat Mourinho dapat memperagakan sepakbola menyerang. Agresifitas The Blues ditunjukan dengan total 15 gol yang dicetaknya selama 4 pertandingan liga, dengan Diego Costa menyumbang hampir setengahnya.

Urusan rataan jumlah tembakan ke gawang, Chelsea juga belum punya lawan. Menjadi pemuncak dengan rataan 20 tembakan ke gawang. Bandingkan dengan pesaing lain yang hanya dapat mencapai 15 tembakan (Arsenal, QPR, dan Newcatle).

Sepakbola menyerang ini tentu punya resiko tersendiri, yakni terbukanya lini belakang. Masalah ini muncul karena para gelandang seringkali terlambat untuk turun atau minimal menutup ruang. Tidak ada perlindungan yang memadai untuk para bek di belakang.

Baca juga:

Masalah Chelsea di Lini Belakang

Mengunci Peran Alonso Sebagai Quarterback


Jika Mourinho tetap memperagakan sepakbola menyerangnya namun tidak memperbaiki kelemahan di atas. Hal ini dapat menjadi makanan empuk bagi Pellegrini. Pada pertandingan sebelumnya ia dapat mematikan gerak Alonso dan menghambat laju serangan Bayern.

Namun cara yang dilakukan terhadap Alonso tersebut tak semata dapat dilakukan juga ke Fabregas, raja asisst milik Chelsea. Pergerakan pemain yang didatangkan musim panas ini tersebut lebih luas dari Alonso. Bahkan pada beberapa kesempatan, ia mampu menghasilkan peluang melalui gerakan dari sayap.

Manchester City punya peluang untuk melakukan serangan balik cepat. The Citizens dapat memanfaatkan pergerakan Aguero dan Silva yang siap bergerak melebar maupun membawa bola dari tengah.

Sulit untuk memprediksi hasil pertandingan ini, namun jika kedua tim tetap memakai taktik yang serupa pada beberapa pertandingan terakhir. Chelsea punya kemungkinan untuk memenangkan pertandingan meski hasil imbang terlihat lebih realistis.

Komentar