Prediksi Pertandingan Dortmund vs Arsenal

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Pertandingan Dortmund vs Arsenal

Nilai koefisien UEFA Borussia Dortmund terus menanjak setiap musimnya. Namun ironisnya, mereka lagi-lagi bertemu dengan Arsenal sejak babak fase grup. Dari empat tahun terakhir, tiga diantaranya keduanya tergabung dalam grup yang sama.

Namun meskipun begitu, laga Dortmund-Arsenal malam nanti tetap akan menyajikan laga yang menarik. Selain karena kedua tim saling mengalahkan pada musim lalu, baik Dortmund maupun Arsenal telah melakukan perubahan signifikan pada musim ini.

Dortmund meski kehilangan Robert Lewandowski, masih memiliki Pierre Aubameyang, Henrikh Mkitharyan beserta trio pemain baru, Adrian Ramos, Ciro Immobile dan Shinji Kagawa. Sedangkan Arsenal, menambah peluru di lini depan dengan hadirnya Alexis Sanchez dan Danny Welbeck.

Hanya saja kedua tim ini pun mengalami masalah serupa pada laga dini hari nanti (17/9). Masalah kebugaran pemain menjadi hambatan kedua tim yang menjadikan mereka tak bisa menurunkan komposisi terbaiknya.

Beberapa pemain andalan Dortmund mengalami cedera panjang. Mats Hummels, Jakub Blaszczykowski, Ilkay Gundogan, Nuri Sahin dan Marco Reus dipastikan akan melewatkan laga ini. Hal ini jelas perlu menjadi perhatian khusus karena Dortmund tak memiliki kedalaman skuat yang kuat.

Tanpa Gundogan dan Sahin mungkin akan membuat rekrutan anyar mereka, Milos Jojic, diduetkan dengan Sven Bender di lini tengah. Kecuali jika pelatih Jurgen Klopp akan memaksakan Sebastian Kehl di mana tipikalnya yang lambat bisa dimanfaatkan para pemain Arsenal.

Badai cedera pun dialami Arsenal, namun situasinya tak separah yang dialami Dortmund. Meski tanpa Oliver Giroud, The Gunners masih punya Welbeck. Tapi untuk lini belakang tak demikian karena absennya Mathieu Debuchy dan Nacho Monreal dibarengi dengan Calum Chambers yang kurang begitu fit.

Situasi tersebut bisa membuat pemain muda Hector Bellerin akan diturunkan sebagai starter. Atau mungkin jika Arsene Wenger takkan menurunkannya dengan alasan Bellerin minim jam terbang, Mathieu Flamini bisa menjadi alternatif untuk pos bek kanan. Posisi ini beberapa kali ia perankan terutama ketika ia berseragam AC Milan.

Maka dari itu, kedua tim mungkin akan mencoba saling memanfaatkan kelemahan lawannya. Dortmund akan mengandalkan Kevin Großkreutz untuk mengekspolitasi sisi kanan pertahanan Arsenal. Sedangkan lini tengah Arsenal akan sedikit diuntungkan dengan absennya beberapa pemain inti Dortmund pada posisi central midfielder.

Laga ini pun tampaknya akan menjadi duel seru antara Alexis Sanchez dan Shinji Kagawa. Keduanya sedang dalam kondisi on fire menjelang laga ini. Kagawa langsung mencetak gol pada pertindangan pertamanya setelah sempat berkelana ke Man Uinted. Sementara Sanchez berhasil menjaga konsistensinya dengan selalu mencetak gol dalam beberapa laga terakhir.

Karena itulah hasil imbang pada laga ini akan menjadi hasil yang ideal bagi kedua tim. Tapi adapun jika salah satu akan keluar sebagai pemenang, kami akan lebih menjagokan Arsenal dengan alasan kedalaman skuatnya yang lebih baik ketimbang Dortmund.

foto: flickr.com

Komentar