Hector Bellerin Didaulat Jadi Pemain Tercepat di Arsenal

Cerita

by redaksi

Hector Bellerin Didaulat Jadi Pemain Tercepat di Arsenal

Arsenal memang terkenal memiliki pemain-pemain dengan kecepatan lari yang luar biasa. Kita mengenal nama-nama seperti Alex-oxlade Chamberlain atau Theo Walcott. Walcott bahkan tercatat sebagai pemain sepakbola dengan kecepatan lari paling cepat di dunia.

Tercatat bahwa pemain Arsenal berumur 25 tahun ini pernah mencatatkan kecepatan lari hingga 35,7 km/jam. Angka ini masih jauh lebih cepat dibandingkan kecepatan lari yang ditunjukan Arjen Robben di Piala Dunia lalu saat melawan Spanyol. Catatan FIFA menunjukan bahwa kecepatan lari Robben ketika itu hanya mencapai 30,6 km/jam.

Memang ada banyak cara untuk mengukur kecepatan. Secara umum, kita sering menggunakan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 100m. Jarak ini merupakan jarak paling umum untuk mengukur kecepatan lari maksimal seseorang.

Namun di dalam sepakbola dan beberapa olahraga lainnya, penggunaan tes lari 100m meter menjadi kurang relevan. Pasalnya, dalam sebuah pertandingan sepakbola, seorang pemain hampir tidak pernah berlari dengan kecepatan penuh dalam jarak itu. Pemain sepakbola akab lebih sering melakukan sprint dalam jarak yang lebih pendek dari itu.

Maka di dalam sepakbola, kecepatan biasanya akan diukur dengan menggunakan tes lari 10, 20, 30 dan 40 meter. Jarak inilah yang biasanya akan ditempuh pemain sepakbola dengan kecepatan penuh saat pertandingan.

Theo Walcott sebagai pemain sepakbola tercepat dunia pun memiliki catatan kecepatan lari 40m yang luar biasa. Walcott mencatatkan waktu 4,42 detik dalam tes lari 40m yang dilakukan Arsenal. Angka yang dicatatkan Walcott saat tahun 2009 ini berhasil melebihi rekor sebelumnya yang dimiliki oleh Thierry Henry. Pencetak gol sepanjang masa Arsenal ini mencatatkan waktu 4,82 detik dalam tes lari 40m.

Namun kini, predikat kaki tercepat di Arsenal sudah tidak lagi dimiliki oleh Theo Walcott. Arsenal telah memiliki pemain cepat baru setelah rekor lari 40m Walcott berhasil dipecahkan oleh bek muda mereka, Hector Bellerin.

Theo Walcott sendiri yang mengkonfirmasi kebenaran berita ini. Ketika ditanya siapa yang lebih cepat antara dia dan legenda Arsenal Thierry Henry, Walcott menjawab, “Tentu saja aku, Henry sudah berumur lebih dari 30 tahun aku akan kecewa jika kalah darinya. Aku pernah mengalahkan rekor sprintnya tapi kini rekorku telah dipecahkan oleh Hector.”

(abi)

Komentar