Bagaimana Cara Melakukan Pemanasan yang Baik?

Sains

by redaksi

Bagaimana Cara Melakukan Pemanasan yang Baik?

Pemanasan menjadi satu hal yang akan wajib untuk selalu dilakukan sebelum memulai aktivitas olahraga. Beberapa orang bahkan menganggap sebagai keharusan untuk menghindari hal-hal yang tidak diingankan terjadi. Banyak cara untuk melakukan pemanasan, beberapa klub-klub besar Eropa memiliki caranya masing-masing untuk membuat para pemain dalam kondisi siap.

Pada dasarnya, pemanasan memang dilakukan untuk memulai aktivitas fisik. Tubuh dibuat berada dalam kondisi siap menerima beban berat yang akan dilakukan sehingga tidak kaget dan mengalami gangguan. Namun dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa pemanasan bukan sekedar masalah persiapan fisik, melainkan juga masalah persiapan mental.

Ketika berolahraga, tubuh akan menerima beban yang lebih berat dari aktivitas biasa. Kebutuhan akan oksigen tubuh akan meningkat seiring dengan meningkatnya aliran darah ke otot. Suhu otot akan meningkat untuk mengurangi kekakuan pada sendi, meningkatkan laju transmisi impuls saraf, serta meningkatkan aktivitas ATP. Dengan meningkatnya suhu serta beberapa aktivitas tubuh tersebut, akan diterjemahkan untuk melakukan tindakan cepat dan bertenaga.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jenis pemanasan yang baik untuk dilakukan seperti jenis aktivitas, kemampuan tubuh orang tersebut, serta kondisi lingkungan tempat beraktivitas. Selain jenis pemanasan, faktor-faktor tadi juga akan mempengaruhi durasi dari pemanasan yang dilakukan.

Pada intinya, semua harus dikembalikan pada tujuan dari pemanasan yaitu untuk membuat tubuh siap menerima beban berat saat berolahraga. Tubuh satu orang dengan orang lainnya tentu akan berbeda-beda, maka bukan satu hal yang aneh jika pemanasan yang baik untuk tiap orang juga akan berbeda-beda.

Terdapat beberapa contoh pemanasan yang dilakukan oleh beberapa tim-tim besar Eropa sebelum pertandingan. Namun harus diingat bahwa kondisi tubuh anda dengan tubuh para pemain tersebut tentu berbeda. Meski mungkin anda juga sama-sama ingin bermain sepakbola, aktivitas yang anda lakukan dilapangan pun akan berbeda dengan yang mereka lakukan.

Karena itu, pemanasan yang dilakukan oleh para pemain ini sebaiknya jangan dijadikan patokan yang akan anda tiru mentah-mentah. Harus dilakukan penyesuaian yang membuat tubuh anda mampu menerimanya dan sesuai dengan aktivitas yang anda lakukan.

FC Bayern Munich



Real Madrid



Zenit FC



FC Schalke




Manchester United




Sumber gambar: localsoccernews.com

(abi)

Komentar