PSV Eindhoven Membuat Tunanetra Bisa Menonton Sepakbola

Cerita

by redaksi

PSV Eindhoven Membuat Tunanetra Bisa Menonton Sepakbola

Klub Eredivisie Belanda, PSV Eindhoven, sedang merencanakan sebuah pelayanan stadion tingkat lanjut.

Markas mereka, Philips Stadion, rencananya akan memiliki bagian khusus di tribun untuk para penonton tunanetra. Menurut keterangan pers, bagian tersebut akan memiliki ruang untuk 20 fans dengan gangguan penglihatan.

Kursi khusus sudah termasuk headset yang akan menyiarkan komentar pertandingan sehingga fans dapat menikmati suasana pertandingan dan dapat mengikuti aksi di lapangan.

Fitur stadion terbaru ini adalah hasil kerjasama dengan Visio, sebuah perusahaan yang khusus berkonsentrasi pada produk-produk tunanetra dan buta. “Bagi orang-orang tunanetra, menikmati pertandingan sepak bola menjadi tantangan,” kata Jan Ottevanger, manajer Visio di Eindhoven.

Ada banyak keributan di stadion, kemudian lapangan bermain yang berjarak cukup jauh. Oleh karena itu, bahkan audio saja pun akan semakin sulit dicerna oleh para penonton dengan gangguan visual. Fenomena ini membuat sebuah solusi yang indah bagi tunanetra untuk tetap dapat menikmati permainan sepak bola di stadion.

Pelaksanaan tribun khusus tunanetra ini sudah dicoba pertama kali pada pertandingan antara PSV Eindhoven melawan FC Groningen musim lalu. Jika pada awal musim 2014-2015 proyek ini sukses, PSV akan mempertimbangkan memperbanyak jumlah kursi.

Sungguh sepakbola memang seharusnya bisa dinikmati oleh siapa saja.

Sumber foto: psv.nl

(dex)

Komentar