On This Day 2002, Final Dua Tim Terburuk Dunia

Backpass

by redaksi

On This Day 2002, Final Dua Tim Terburuk Dunia

Pada tanggal 30 Juni 2002 sedang berlangsung final pesta sepakbola sejagat antara Brasil melawan Jerman. Berlangsung di International Stadium Yokohama, semua mata penggemar sepakbola dunia tertuju kesana.

Tetapi siapa sangka ribuan kilometer dari Yokohama tepatnya di Stadion Changlimithang kota Thimphu, Bhutan. Juga sedang berlangsung partai final, yang berbeda 180 derajat dari partai Brasil kontra Jerman yakni sebagai penentuan siapa tim terburuk di dunia.

Dua tim yang sedang bertanding adalah Montserrat dan Bhutan, dua negara yang dipilih berdasarkan rangking FIFA terendah saat itu. Pertandingan sendiri akhirnya dimenangkan oleh Bhutan dengan skor 4-0 melalui hat-trick Wangay Dorji (4 ', 67', 78 ') dan satu gol dari Dinesh Chetri (76').

Pertandingan persahabatan yang benar-benar dibungkus dalam nuansa bersahabat tersebut, merupakan ide dari sutradara Belanda bernama Johan Kramer. Kegiatan ini adalah cara dia mengisi waktu kekosongan, mengingat negara asalnya tak berpartisipasi di Piala Dunia saat itu.

Kegiatan ini juga sekaligus sebagai ajang pembuatan film dokumenter berjudul The Other Final, yang mengisahkan tentang pertandingan yang ditonton oleh 25.000 orang tersebut. Serta beberapa hal terkait sepakbola dari kedua negara.

The Other Final berhasil meraih penghargaan sebagai Dokumenter Terbaik di Festival Film Avignon 2003 dan Documentary-Prize Special Mention di Burmuda International Film Festival pada tahun yang sama.

foto: www.bhutanandpartners.org

(amp)

Komentar