[Match Report] Italia 0-1 Kostarika

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Italia 0-1 Kostarika

Hasil mengejutkan kembali terjadi pada babak grup Piala Dunia 2014. Digadang-gadang mampu menang mudah, Italia akhirnya harus mengakui ketangguhan tim non-unggulan asal benua Amerika, Kostarika.

Sejak menit awal Italia tak mampu menembus kokohnya pertahanan Kostarika yang menggunakan formasi 5-3-2. Aliran-aliran umpan yang ditujukan pada Mario Balotelli sebagai ujung tombak gli azzurri, selalu kandas di kaki para pemain bertahan Kostarika.

Peluang demi peluang didapatkan Italia. Salah satunya melalui usaha Balotelli pada pertengahan babak pertama. Menerima umpan chip Andrea Pirlo, Balotelli menyontek bola mendahului kiper Kostarika yang dikawal Keylor Navas. Namun sayang bola hanya menyamping di sisi kanan gawang Kostarika.

Asik menyerang malah membuat pertahan Italia lengah. Melalui skema penyerang apik, Kostarika berhasil mencuri gol melalui Bryan Ruiz. Menerima umpan silang dari sisi sebelah kiri Ruiz dengan mudah menceploskan bola dengan sundulannya. Gol yang tercipta pada menit ke-43 itu pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua Italia semakin gencar melakukan serangan. Antonio Cassano, Lorenzo Insigne dan Alessio Cerci dimasukan pelatih Cesare Prandelli untuk mengatasi kebuntuan lini depan Italia. Namun pertahanan Kostarika malam tadi (21/6) terlalu kokoh untuk barisa depan Italia. Skor 1-0 pun bertahan hingga wasit meniupkan tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil ini, Kostarika secara otomatis melaju ke babak 16 besar. Sedangkan satu lagi masih harus diperebutkan oleh Italia dan Uruguay. Keduanya akan bertemu pada laga terakhir grup D tanggal 24 Juni nanti. Itu artinya, Inggris tak memiliki kans untuk lolos ke babak berikutnya karena telah dua kali menelan kekalahan.

report_Italia-cos

(ar)

Komentar