[Match Report] Spanyol 0-2 Chili

Analisis

by redaksi

[Match Report] Spanyol 0-2 Chili

Juara bertahan Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2014 di Maracanã di Rio de Janeiro malam ini setelah mereka kalah 2-0 dari Chili. Ini merupakan kekalahan kedua berturut-turut bagi La Furia Roja dan memastikan mereka bersama Australia untuk pulang terlebih dahulu.

Gol dari Chili dicetak oleh Eduardo Vargas dan Charles Aranguiz pada babak pertama, memastikan bahwa Chili dan Belanda lolos dari Grup B dengan keduanya akan bermain pekan depan di Sao Paulo untuk menentukan posisi juara grup.

Setelah dibantai 5-1 dari Belanda pada pertandingan pertama mereka, pelatih Vincente del Bosque membuat dua perubahan di kubu Spanyol, ia memainkan Javi Martinez dan Sergio Ramos di bek tengah dan Pedro Rodriguez yang menggantikan rekan setimnya di FC Barcelona, Xavi Hernandez, di lini tengah. Sementara Chili membuat satu perubahan dari tim yang mengalahkan Australia 3-1 dalam pertandingan pembukaan mereka, sang pencetak gol Jorge Valdivia digantikan oleh Francisco Silva, mereka kembali memainkan formasi 5 bek.

Chili memulai pertandingan dengan meyakinkan. Dalam lima menit pertama, mereka sudah berhasil menciptakan dua buah peluang melalui Eduardo Vargas dan Gonzalo Jara.

Kemudian Xabi Alonso melewatkan kesempatan besar untuk membuka skor pada menit ke-14, tembakannya dari dalam kotak penalti berhasil dimentahkan oleh Claudio Bravo. Ia dibuat untuk membayar kesalahannya setelah lima menit kemudian Chili berhasil membuka skor.

Penyerang FC Barcelona, Alexis Sanchez, yang dikaitkan dengan kepindahan ke Liverpool dalam beberapa pekan terakhir, mengirim umpan kepada Marcelo Diaz di sebelah kanan. Bola sempat mengalami kemelut di muka gawang Casillas, sebelum akhirnya mendarat di kaki Vargas yang berhasil menembak bola melewati Casillas. 1-0 untuk Chili.

Spanyol sebenarnya memiliki banyak kesempatan untuk mengamankan gol penyama kedudukan, tercatat tendangan Diego Costa menyentuh sisi jaring gawang dan tendangan Xabi Alonso kembali melebar.

Tapi itu Chili malah berhasil mencetak gol kedua mereka. Tendangan bebas Sanchez tampak bisa ditangkap oleh Casillas, namun kapten Spanyol ini lebih memilih untuk memukul bola. Bola muntahan berhasil mendarat di kaki Aranguez, yang menunjukkan ketenangan untuk mengontrol bola dan kemudian menyelesaikannya menjadi sebuah gol.

Skor 2-0 membuat Spanyol harus mendaki gunung yang terjal, kekalahan akan membuat mereka tersingkir dan hasil imbang juga tidak cukup untuk mengamankan mereka. La Roja butuh menang.

Sergio Busquets menyia-nyiakan kesempatan emas di muka gawang setelah ia menerima umpan silang akrobatik dari Costa.

Setelah itu, Spanyol memang menguasai pertandingan, namun Chili tampak tetap bermain to the point. Mauricio Isla hampir mengkonversi tendangan Eugenio Mena, sementara Sanchez juga banyak memimpin serangan balik tim asuhan Jorge Sampaoli itu.

Pergantian pemain yang dilakukan del Bosque pun tidak menghasilkan gol. Fernando Torres dan Santiago Cazorla sama-sama tidak mampu berbuat banyak. Akhirnya Spanyol kalah dan harus tersingkir secara prematur dari turnamen ini.

spa-chi

(dex)

Komentar