[Match Report] Uruguay 1 vs 3 Kostarika

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Uruguay 1 vs 3 Kostarika

Kejutan terjadi pada pertandingan pertama grup maut Piala Dunia 2014. Uruguay yang diunggulkan dapat meraih 3 poin harus tertunduk setelah dihajar wakil dari zona Concacaf, Kostarika.

Uruguay yang harus bermain tanpa striker bintang mereka, Luis Suarez, tetap tampil percaya diri dan memegang kendali permainan di awal. Beberapa peluang berhasil tercipta termasuk satu gol yang dilesakan oleh Diego Godin di awal pertandingan. Namun sayang, wasit harus menganulir gol tersebut akibat Godin terlebih dahulu dalam posisi offside.

Usaha Uruguay akhirnya membuahkan hasil setelah Kostarika melakukan pelanggaran di kotak penalti. Edinson Cavani yang dipercaya untuk mengeksekusi tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan membawa Uruguay unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Kostarika yang bermain tanpa beban justru menjadi lebih menekan pertehanan Uruguay. Melalui striker lincahnya, Joel Campbell Kostarika terus mencoba untuk menyamakan kedudukan. Namun hingga babak pertama usai, kedudukan masih belum berubah untuk keunggulan bagi Uruguay 1-0.

Di babak kedua, Kostarika yang pantang menyerah mulai menunjukan taringnya. Anak asuh Pinto ini memulai mimpi buruk Uruguay di pertandingan pertama sejak menit 54 melalui Joel Campbell. Dan hanya berselang 3 menit setelah gol penyama kedudukan tersebut, Kostarika semakin membuat kubu Uruguay terdiam dengan membalikan keadaan. Kali ini melalui tendangan bebas Bryan Ruiz yang berhasil diteruskan oleh Duarte melalui sundulan, 2-1 Kostarika membalikan keadaan.

Uruguay yang tidak mau pulang tanpa membawa poin terus menyerang Kostarika. Namun ternyata justru Kostarika yang kemudian berhasil memperbesar jarak. Pada menit ke 84, Joel Cambell mengirimkan umpan matang kepada pemain yang baru masuk, Urena. Dengan tenang Urena menceploskan bola ke gawang Fernando Muslera dan memperbesar skor menjadi 3-1.

Sudah tertinggal 2 gol, mimpi buruk masih belum berakhir bagi Uruguay. Di penghujung laga, Uruguay harus kehilangan satu pemainnya setelah bek kanan mereka, Maxi Pereira diusir wasit. Pereira melakukan pelanggara sangat keras sehingga wasit langsung mengeluarkan kartu merah.

Pertandingan akhirnya berakhir dengan kekalahan Uruguay 3-1 atas Kostarika. Dengan hasil ini, pasukan Oscar Tabarez tidak punya pilihan lain selain mengalahkan 2 tim lainnya di grup D, Italia dan Inggris, jika masih ingin lolos ke babak 16 Piala Dunia 2014.

report-uru-cos

(Abi)

Komentar