[Match Report] Spanyol 1-5 Belanda

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Spanyol 1-5 Belanda

Sesuai prediksi, Spanyol tetap memainkan tiki taka, sedangkan Belanda fokus untuk  bertahan dan sabar menunggu momentum untuk melakukan serangan balik. Namun, jika kita melihat resume akhir pertandingan itu, 5-1, sungguh, hasil tersebut benar-benar diluar dugaan.

Belanda yang memang sejak awal fokus untuk bertahan, harus kecolongan lebih dulu lewat gol penalti Xabi Alonso pada menit 27. Namun keunggulan itu tak bertahan lama. Pasalnya, menjelang waktu jeda, Robin van Persie berhasil mengkoversi umpan crossing Daley Blind menjadi sebuah gol cantik. Paruh pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Memasuki babak kedua, Spanyol tetap tampil menyerang. Namun ternyata, agresifitas tim Matador itu berujung petaka. Iker Casillas harus empat kali memungut bola dari gawangnya.

Pada menit 54, Arjen Robben berhasil membobol gawang Casillas. Lagi-lagi, Blind yang menjadi aktornya. Pemain Ajax itu berhasil mengirimkan umpan terobosan lambung yang dapat dikontrol dengan baik oleh Robben. Setelah berhasil  mengecoh Sergio Ramos dan Gerard Pique, penyerang asal Bayern Munich itupun dengan mudah dapat menceploskan bola ke gawang Spanyol.

Sepuluh menit berselang, giliran Stefan De Vrij yang berhasil mencetak gol pertamanya untuk timnas. Terlepas gol tersebut berbau pelanggaran atau tidak, namun gol itu adalah buah kesalahan pemain belakang Spanyol yang tidak mengantisipasi datangnya De vrij yang tiba-tiba muncul dari belakang.

Hendak mengejar ketinggalan, Del Bosque memasukkan Pedro Rodriguez, Cesc Fabregas, dan Fernando Torres. Tapi usaha mereka justru berujung petaka. Karena, meski sudah unggul 3-1, namun Belanda tak pernah mengendurkan pressing-nya. Hal inilah yang melahirkan gol kedua Van Persie. Saint Iker yang terganggu dengan pressing yang dilakukan oleh RvP terpaksa melakukan kesalahan. Bola yang ada dikakinya dapat dicuri dengan mudah oleh kapten Belanda, dan berujung pada gol keempat Der Oranje.

Tertinggal tiga gol, membuat Spanyol tampil lebih menyerang. Berkali-kali mereka mencoba mengeskploitasi sisi kiri pertahanan Belanda yang dijaga Daley Blind. Namun, kedisiplinan Blind menjaga posnya membuat Spanyol tak berkutik. La Roja justru harus kembali kebobolan lewat kaki Robben. Hasil skema serangan balik cepat pada menit 80.   Papan skor pun berubah Spanyol 1-5 Belanda.

Setelah gol itu, praktis tak ada lagi gol tercipta. Belanda berhasil memetik tiga angka perdana mereka di Piala Dunia kali ini. Ya, sedikit banyak dendam mereka pada gelaran Piala Dunia 2010, dapat terbalaskan.

match-report-SPA-NED

(mul)

Komentar