Shinji Okazaki, Matahari Lain yang Akan Bersinar di Brasil

Cerita

by redaksi

Shinji Okazaki, Matahari Lain yang Akan Bersinar di Brasil

Memiliki pemain seperti Shinji Kagawa, Yuto Nagatomo, dan Keisuke Honda tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi tim nasional Jepang. Bermain di tim-tim raksasa Eropa menjadi bukti bahwa kualitas ketiganya tak kalah dengan para bintang-bintang Eropa lainnya.

Namun selain ketiganya, Jepang masih memiliki pemain lain yang bisa diandalkan pelatih tim nasional Jepang, Alberto Zaccheroni. Pemain ini bisa menjadi pemain yang menentukan hasil akhir pertandingan. Pemain ini adalah penyerang asal Mainz, Shinji Okazaki.

Shinji Okazaki akan menjadi tumpuan mencetak gol pada Piala Dunia kali ini. Bersama Mainz, pemain kelahiran kota Hyogo ini secara mengesankan mencetak 15 gol di Bundesliga. Ia menjadi pemain Jepang dengan jumlah gol terbanyak selama satu musim di Bundesliga. Rekor ini sebelumnya ditorehkan oleh Shinji Kagawa yang mencetak 13 gol bagi Dortmund pada musim 2011-2012.

Okazaki mencetak gol ke-14 nya bersama Mainz saat mengalahkan Nurnberg 2-0. Setelah pertandingan, ia menuai banyak pujian dari para pendukung Mainz. Kemudian ia dinobatkan sebagai pemain paling berkembang bagi klub Mainz.

Luar biasanya, torehan gol tersebut hanya berselisih 5 gol dari sang pencetak gol terbanyak Bundesliga musim ini, Robert Lewandowski. Dan hanya terpaut tiga gol dari penyerang asal Bayern Munich, Mario Mandzukic.

Di Mainz, Okazaki bermain pada posisi penyerang tengah yang merupakan posisi ideal bagi Okazaki. Posisi ini adalah posisi yang sama ketika ia masih bermain di Liga Jepang bersama Shimizu S-Pulse. Namun ketika di Stuttgart, Okazaki sering ditempatkan sebagai penyerang kiri. Ini dikarenakan Okazaki memiliki kecepatan yang cukup baik.

Mungkin inilah yang menjadi alasan Okazaki tak begitu produktif ketika bermain untuk Stuttgart. Selama dua musim lebih bermain untuk Stuttgart, Okazaki hanya mencetak 10 gol dari total 63 penampilannya.

Jika ditotal, pemain dengan caps 78 ini telah mencetak 25 gol selama karirnya di Bundesliga. Pencapaian ini merupakan pencapaian terbaik kedua yang dilakukan pemain Negeri Matahari Terbit di Bundesliga. Okazaki hanya terpaut satu gol dari pemegang rekor saat ini, Yasuhiko Okudera, pemain Jepang yang bermain di Jerman pada era 70-80an.

Dengan bantuan gol Okazaki yang disokong oleh Maxim Choupo-Moting dan Cristoph Moritz, Mainz mencapai suatu prestasi yang tak mereka sangka sebelumnya. Mainz musim lalu secara mengejutkan berhasil finish di posisi 7 klasemen akhir Bundesliga. Sedangkan musim sebelumnya Mainz hanya mampu bercokol di posisi 13 klasemen.

Dengan apa yang ditunjukkannya bersama Mainz, publik Jepang pun berharap kegemilangannya bersama klub bisa menular ke tim nasional. Sehingga pencapaian tim nasional Jepang di Piala Dunia kali ini bisa lebih baik dari empat edisi sebelumnya.

Apapun bisa terjadi jika Okazaki mampu menunjukkan kualitasnya ketika membela tanah kelahirannya. Tak hanya gol yang bisa ia berikan bagi tim, tapi kengototan bermain dan control passing-nya pun cukup dikagumi banyak pecinta sepakbola.

Bermain bersama timnas Jepang tentunya akan lebih memudahkan Okazaki. Adanya pemain-pemain seperti Yasuhito Endo, Keisuke Honda dan Shinji Kagawa bisa memanjakan Okazaki dengan umpan-umpan manisnya. Maka jangan kaget jika pada Piala Dunia nanti, nama Shinji Okazaki terselip dalam deretan nama pencetak gol terbanyak.

foto: sports.terra.com

[ar]

Komentar