Inilah Wasit yang Akan Memimpin Partai Pembuka Piala Dunia

Berita

by redaksi

Inilah Wasit yang Akan Memimpin Partai Pembuka Piala Dunia

FIFA telah mengumumkan bahwa Yuichi Nishimura akan menjadi wasit pada partai pembuka Piala Dunia 2014 antara Brasil melawan Kroasia pada Jumat dini hari mendatang.

Wasit berusia 42 tahun dari Tokyo (Jepang) ini akan dibantu oleh dua asistennya, yaitu Toru Sagara dan Toshiyuki Nagi untuk memimpin laga Brasil vs Kroasia yang akan dilangsungkan di stadion Itaquerao, Sao Paulo. Sementara Alireza Faghani, wasit asal Iran, disiapkan untuk menjadi ofisial keempat.

Nishimura sebelumnya mewasiti empat pertandingan di Piala Dunia 2010, salah satunya adalah pertandingan yang diwarnai oleh kekalahan Brasil 2-1 di perempat final melawan Belanda, dimana ia mengusir pemain Selecao, Felipe Melo, di menit ke-73 setelah Melo menjegal bintang Oranje, Arjen Robben.

Karier perwasitan Nishimura diawali di J.League Division 1 pada tahun 1999. Namanya memuncak di Negeri Sakura itu pada tahun 2009 dan 2010 ketika ia berhasil memperoleh penghargaan wasit terbaik di J.League.

Salah satu yang unik dari Nishimura adalah ia menjadi satu-satunya wasit asal Benua Asia yang memimpin pertandingan di Piala Afrika pada pergelaran tahun 2008 di Ghana. Wasit asal Jepang ini juga memimpin final Piala Dunia Antarklub tahun 2010 antara Inter Milan dan TP Mazembe.

Selain dua pertandingan di atas, nama Nishimura juga semakin dikenal di seantero Benua Asia setelah ia memimpin pertandingan final Liga Champions Asia (AFC) tahun 2010 antara Seongnam Ilhwa Chunma dan Zob Ahan, di tanah kelahirannya, National Stadium di Kota Tokyo, Jepang.

Dari 25 wasit yang terlibat dalam turnamen di Brasil, Nishimura adalah salah satu dari lima wasit yang ikut ambil bagian di Piala Dunia 2010, di mana ia menjadi ofisial keempat untuk pertandingan final.

Empat wasit lainnya adalah Ravshan Irmatov asal Uzbekistan, Joel Aguilar asal El Salvador, Peter O'Leary asal Selandia Baru, dan Howard Webb asal Inggris, yang memimpin partai final di Afrika Selatan.

[foto: deportes.terra.com.pe]

(dex)

Komentar